Setiap orang tua pasti mengungkapkan kasih sayangnya kepada sang buah hati dengan banyak cara. Seperti mengajak bermain, mengajak liburan, membelikan mainan, sampai saling berpelukan. Dan tidak ada yang bisa mengalahkan pelukan sebagai cara mengungkapkan kasih sayang ampuh antara orangtua pada anak. Ternyata pelukan punya banyak manfaat loh bun untuk si kecil, bukan hanya manfaat kesehatan saja tapi juga untuk tumbuh kembangnya. Seperti apa manfaatnya? Simak ulasan di bawah ini ya bunda.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

samaa.tv

Kondisi stres bisa memicu hormon kortisol pada tubuh, dan hal ini juga bisa terjadi pada anak-anak. Sayangnya, sistem saraf otonom pada anak-anak yang berguna untuk mengatur emosi masih belum berkembang sempurna. Oleh karena itu berpelukan memiliki manfaat penting untuk kesehatan si kecil, yaitu untuk membawa sistem saraf mereka ke keadaan seimbang. Dengan memeluknya, hormon oksitosin yang dilepaskan ke dalam aliran darah juga akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil.

Mengurangi Stress dan Rasa Cemas

perfectionpending.net

Dengan berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang berperan untuk mengurangi ketengangan otot syaraf dan tekanan darah, hal ini juga terjadi pada anak-anak loh bunda. Dan anak-anak yang lebih sering dipeluk oleh orang tuanya, akan terhindar dari rasa cemas dan stress.  Kebiasaan memeluk sang buah hati juga berdampak pada aktivitasnya sehari-hari, ia akan lebih bahagia dari biasanya.

Membuatnya Menjadi Sosok Penyanyang

mom.me

Pelukan adalah salah satu ungkapan kasih sayang, jika bunda memeluk si kecil, bunda akan melepaskan energi positif dan juga menanamkan rasa empati kepada si kecil. Ia juga akan menganggap pelukan sebagai rasa kasih sayang, dan kelak ketika ia tumbuh dewasa dia akan memiliki karakter penyayang dan mudah berempati kepada orang lain.

Membantu Mencerdaskan Otak

cosmomom.net

Ternyata memeluk si kecil juga bisa bermanfaat untuk membantu perkembangan otaknya loh bunda. Hal ini bukan berarti bisa membantu meningkatkan IQnya juga bun, tetapi pelukan dari bunda bisa memaksimalkan cara kerja otak dan perilaku mereka. Memeluk si kecil secara rutin, akan berdampak baik untuk lingkungan dan perilakunya saat ia tumbuh dewasa.

Nah, demikian bunda manfaat berpelukan untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Yuk maksimalkan waktu untuk memeluk si kecil dengan cara menyempatkan quality time bersamanya. Jangan lupa selingi saat quality time bersama si kecil dengan Lapis Malang yang aman untuk di konsumsinya. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di.

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply