Mengingat permainan masa kecil dulu menyenangkan sekali ya bun rasanya. Anak-anak berlarian, melompat kegirangan, suara tawa yang renyah, dan lelahpun tidak terasa. Selain sebagai sarana bernostalgia, permainan tradisional memiliki banyak manfaatnya untuk anak-anak. Nah, Lapis Malang punya beberapa contoh jenis permainan yang bisa bunda mainkan bersama si kecil. Langsung cek yuk.

Lompat Tali

dictio.id

Bermain lompat tali bisa mengajarkan tentang sportifitas pada buah hati bunda. Bunda  bisa mengajarkan tentang kesabaran saat ia sedang menunggu giliran permainan. Selain itu bunda juga bisa mengajarkan untuk tidak bermain dengan curang seperti menggoyang-goyangkan tali agar mengenai kaki yang sedang bermain agar kalah.

Dakon Atau Congklak

sahabatnesia.com

Permainan ini bisa bunda mainkan berdua bersama si kecil. Manfaat yang dimiliki dengan bermain dakon adalah,  melatih motorik halus anak melalui cara menggenggam dan melepaskan biji dakon. Si kecil akan berlatih mengeluarkan satu per satu biji dakon dari genggaman tangannya. Selain itu bermain dakon juga bermanfaat mengajarkan berhitung pada buah hati bunda, Ia juga akan belajar membuat strategi agar memenangkan permainan.

Engklek

faktaanak.com

Permainan ini didominasi aktivitas berjingkat dan melompat. Selain menyenangkan, permainan engklek juga menyehatkan dan mencerdaskan loh bunda. Untuk manfaat dari engklek sendiri adalah, si kecil bisa belajar mengontrol pergerakan tubuhnya. Selain itu, engklek juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung buah hati bunda, serta memperkuat tulang dan ototnya.

Gobak Sodor

inibaru.id

Permainan ini banyak melibatkan aktivitas berlari ya bunda. Oleh karena itu bermain godak sodor bisa bermnafaat melatih motorik si kecil dan memperkuat tulang dan ototnya. Selain itu gobak sodor juga memiliki manfaat mengembangkan kemampuan bersosialisasi, melatih sportivitas dan melatih kejujuran. Gobak sodor bisa bunda jadikan sebagai pilihan permainan tradisional untuk buah hati bunda. Karena selain menyenangkan, permainan ini juga menyehatkan untuk si kecil.

Bermain Kelereng

sujanews.com

Bermain kelereng bisa menjadi permainan yang menyenangkan bagi si kecil. Permainan ini meliputi beberapa aktivitas, seperti melempar dan menyentil. Manfaat yang dimiliki dengan bermain kelereng adalah, kemampuan motorik si kecil akan terlatih, Makin baik kemampuan motorik, koordinasi visual dan konsentrasinya maka anak pun semakin mahir untuk menembakkan kelereng-kelerengnya. Manfaat lainnya, melatih daya konsentrasi, kecermatan dan juga ketelitian. Permainan ini dapat melatih otak si kecil menjadi lebih cermat dalam bertindak dan menjadi lebih teliti dengan hal-hal yang telah dia lakukan atau yang akan dia kerjakan nanti.

Nah bunda, dari sekian manfaat bermain permainan tradisional, manfaat yang terpenting adalah si kecil bisa terlepas dari kecanduan gadget. Setelah bunda dan si kecil selesai bermain bersama-sama, bunda bisa bersantai sambil menikmati Lapis Malang. Kue lapis kekinian ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply