Membersihkan tubuh bayi sepertinya memang menjadi hal yang susah-susah gampang ya Bunda. Pasalnya tubuhnya yang masih rentan dan sensitive membuat kita tidak bisa memperlakukannya layaknya orang dewasa, apalagi saat ini membersihkan bagian sensitufnya. Mulai dari telinga, mata, hidung, sampai alat kelaminnya. Dan di bawah ini ada trik yang bisa Bunda coba untuk membersihkan bagian-bagian sensitive di tubuh si kecil dengan aman.

Membersihkan telinga

Telinga jadi salah satu bagian yang penting untuk dibersihkan secara rutin ya Bunda. Hindari cotton bud yang menggunakan bahan kapas mudah terlepas karena ditakutkan akan tertinggal dalam telinga si kecil. Dan ingat, gunakan kapas yang telah dibasahi atau diberi baby oil dan usapkan di bagian luar telinganya. Jangan terburu membersihkan telinga bagian dalamnya karena dikhawatirkan kotoran malah akan semakin masuk ke dalam dan merusak gendang telinga. Bersihkan dengan perlahan di tempat dengan pencahayaan terang serta saat kondisi si kecil tenang ya Bunda.

Bagian mata

Kalau dilihat-lihat sih bagian mata ini cukup mudah dibersihkan, tapi siapa sangka butuh ketelatenan untuk melakukannya. Saat Bunda akan membersihkan mata si kecil, coba pegangi kepalanga dengan lembut supaya tidak mengenai bagian dalam mata. Bunda bisa menggunakan tisu ataupun kapas yang telah dibasahi dengan menggunakan air hangat saat membersihkannya. Usapkan dengan perlahan kapas di bagian tepi mata di dekat hidung ke bagian ujungnya untuk menghindari terdorongnya kotoran masuk ke mata. Dan juga jangan lupa untuk selalu ganti kapas atau tisu dengan yang baru ya, karena menggunakannya lebih dari satu kali sama saja akan membuat area ini makin kotor.

Hidung

Membersihkan hidung bayi prinsipnya hampir sama dengan saat kita membesihkan bagian telinganya. Cukup gunakan bantuan kapas ataupun lap basah yang kemudian diusapkan di bagian luar hidung si kecil. Jangan coba masukkan apapun ke dalam hidung sang buah hati ya Bunda. Namun jika hidungnya tersumbat, coba gunakan aspirator hidung untuk mengurangi lender di dalamnya. Dengan catatan jangan terlalu sering menggunakannya juga Bunda, karena ditakutkan akan membuat membran hidung jadi lebih sensitif dan sampai menyebabkan pembengkakan serta pendarahan.

Alat kelamin

Nah bagian ini juga penting untuk rutin dibersihkan lho Bunda. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi menggunakan air hangat dan usapkan perlahan pada alat kelamin, pantat bayi, serta selangkangannya. Setelah itu usaplah dengan handuk sampai kering ya Bunda. Sementara untuk bayi laki-laki, Bunda cukup menarik bagian kulupnya sebelum membersihkan bagian dalamnya. Perlu diingat juga bahwa Bunda harus lebih hati-hati saat membersihkan alat kelamin bayi perempuan dibanding laki-laki. Hal tersebut dikarenakan alat kelamin perempuan lebih rentan dengan masuknya bakteri.

Nah itulah Bunda trik membersihkan 4 bagian tubuh sensitif bayi yang bisa dipraktekkan. Ingat untuk selalu rutin membersihkan serta merawat bagian-bagian sensitif itu ya Bunda. Lakukan dengan telaten agar anak terbiasa. Bila kegiatan membersihkan si kecil sudah selesai, yuk kita ngemil jajanan kekiniannya Malang. Apalagi kalau bukan Lapis Malang yang bisa didapatkan di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

 

Leave a reply