Setiap anak pasti mengalami beberapa tahapan berbicara sampai akhirnya bisa mengatakan maksudnya dengan jelas. Tahapan tersebut dimulai dari usia 0 sampai 3 bulan di mana anak hanya bisa menangis serta tertawa hingga pada umur 1 sampai 4 tahun buah hati sudah pintar menirukan ucapan orang di sekitarnya. Dan kemampuan bicara tersebut tentu tidak langsung bisa diterapkan buah hati tanpa adanya stimulus dari keluarga maupun lingkungan ya. Dan kalau Bunda masih coba untuk melatih anak bicara, yuk coba praktekkan cara di bawah ini.

Gunakan cara yang menyenangkan

Pilihlah cara-cara menyenangkan untuk melatih si kecil bicara. Misalnya saja bacakan ia dongeng dengan menggunakan peraga seperti salah satunya boneka tangan. Dengan begitu anak akan lebih tertarik dan seksama mendengar cerita Bunda. Hal ini kemudian akan menambah kosa kata anak dan membuatnya terpancing untuk menirukan bercerita. Selain itu, Bunda juga bisa mengajaknya bernyanyi bersama baik saat akan tidur, mandi, dan menggendongnya. Semakin sering dia mendengarkan nyanyian Bunda, makin besar juga kemungkinannya untuk menirukan lagu tersebut.

Sering-sering mengajaknya berkomunikasi

Melatih anak untuk berkomunikasi tentu tak hanya dilakukan saat dia mulai mengeluarkan kata pertaman saja, Bunda. Mulailah mengajak si kecil berinteraksi sedini mungkin di manapun dan kapanpun juga. Ketika sang buah hati memegang sebuah benda, coba Bunda ajak ia bicara dan sebutkan nama dari barang tersebut. Sering-seringlah juga mengajak anak mengenal benda-benda sekitar dengan cara menunjuk dan menyebutkan namanya. Bila Bunda sering mengajaknya berinteraksi, otomatis buah hati tercinta akan lebih komunikatif nantinya.

Menanggapi celotehnya

Saat sang buah hati sudah mulai bisa merespon dan mengeluarkan suara, Bunda bisa coba menanggapinya dengan berpura-pura menanyakan maksud celotehnya sambil tersenyum. Jangan lupa untuk menunjukkan ekspresi bahagia ya Bund, dan kemudian kita lihat seperti apa reaksinya. Bila si kecil mulai berbicara dengan kata-kata yang kurang tepat, usahakan untuk tidak menirukannya. Coba Bunda benarkan kata-katanya agar anak juga lebih cepat paham dan belajar.

Mengajak si kecil bermain

Lagi, lagi, bermain bisa jadi cara terbaik mengajarkan hal baru pada sang buah hati tercinta. Bermain memang terbukti bisa membantu merangsang otak si kecil untuk menjadi lebih aktif lho, Bunda. Coba gunakan flash card bergambar untuk memperkenalkan kosa kata baru pada anak dan sekaligus mengajarkan pengucapannya. Lakukan permainan flash card ini dengan rutin sampai anak bisa menyebutkan satu-persatu gambarnya. Untuk permulaan, Bunda bisa menunjukkan gambar sambil menyebutkan nama benda pada gambar yang kemudian meminta anak untuk menirukannya.

Sebenarnya mengajarkan atau melatih anak bicara tidak melulu harus menggunakan cara seperti sekolah ya Bunda. Akan lebih baik bila Bunda melakukannya dengan trik kreatif dan sambil mengajak si kecil bermain. Karena dengan begitu anak akan jadi lebih menyukai apa yang ia pelajari. Dan ketika sedang menghabiskan waktu bersama, jangan lupa sediakan camilan aman Lapis Malang ya.

Leave a reply