Mengajarkan si kecil hal-hal baru sepertinya akan jadi aktivitas yang menyenangkan untuk para orangtua ya. Entah itu mengajarkan dia berjalan, berbicara, atau hal sederhana seperti makan sendiri atau memakai baju sendiri. Kalau sebelumnya Lapis Malang pernah membagikan tips tentang mengajari si kecil makan sendiri, dan berani tidur sendiri, kali ini Lapis Malang akan membahas trik bagaimana mengajari buah hati bunda untuk memakai baju sendiri. Berikut ini trik-trik yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Awali Dengan Mengajarkan Memakai Kaos

memakai baju sendiri
tipsanakcerdas.com

Langkah pertama untuk mengajarkan si kecil bisa memakai pakaian sendiri adalah dengan mengajarkan ia untuk memakai kaos terlebih dahulu. Caranya mudah bunda, bunda cukup memintanya untuk memasukkan kepalanya melwati lubang kaos, lalu dilanjutkan dengan memintanya memasukkan kedua lengannya. Awalnya memang si kecil merasa kesulitan bun, akan tetapi jika terus-terusan dilatih ia akan mampu mengenakan kaos sendiri.

Mengancingkan Baju

mengancingkan baju
pikabubu.com

Selanjutnya bunda bisa mengajarkan cara mengancingkan baju. Untuk mengajarkan si kecil cara mengancingkan baju, memang butuh kesabaran dan ketelatenan bun. Hal itu bisa disebabkan karena si kecil bisa saja merasa kesulitan untuk memasukkan setiap kancing ke lubang bajunya masing-masing. Jika terus berlatih, cepat atau lambat ia pasti bisa mengancingkan bajunya sendiri.

Mengajarkan Cara Memakai Celana

ibudanmama.com

Setelah buah hati bunda berhasil mengenakan kaos dan mengancingkan baju sendiri, selanjutnya bunda bisa mulai mengajarkannya untuk memakai celana. Bunda bisa memilihkannya celana pendek dengan pinggang yang terbuat dari karet, supaya ia lebih mudah mengenakannya. Ajarkan si  kecil memakai celana dengan memintanya untuk memasukkan kedua kakinya melewati lubang celana secara bergantian. Lalu menariknya ke atas sampai pinggang. Apabila buah hati bunda sudah bisa memakai celananya sendiri, biasanya ia akan lebih mudah untuk belajar bagaimana cara melepaskannya.

Membuka dan Menutup Resleting

travelmamas.com

Selain mengajarkan si kecil memakai kaos, mengancingkan baju, memakai celana, langkah selanjutnya adalah bunda perlu mengajarkannya cara membuka dan menutup resleting. Aktivitas ini bisa dikatakan seru loh bunda, karena bisa menghasilkan suara yang unik. Untuk mengajrakannya, mintalah buah hati bunda untuk mengaitkan bagian bawah resleting hingga menyatu, lalu menariknya ke atas hingga tertutup secara perlahan. Kalau resleting sudah tertutup, membukanya akan menjadi aktivitas yang lebih mudah dilakukan.

Demikian bunda 4 trik mengajari si kecil memakai baju sendiri. Trik-trik tersebut memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ya bunda. Jika bunda berhasil mengajarkan si kecil memakai baju sendiri, bolehlah bunda bersantai sambil ngemil Lapis Malang. Camilan ini bisa didapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply