Tak terasa Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Pastinya sudah gak sabar kan untuk berangkat mudik.  Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan agar mudik terasa nyaman. Pastinya menyenangkan sekali rasanya ya bunda bisa mudik untuk berkumpul dengan orang tua di kampung halaman, pada hari spesial tersebut. Tapi bagaimana jika saat ini bunda sedang hamil?. Ibu hamil memiliki kondisi yang rentan untuk menempuh perjalanan jauh. Jika bunda sedang mengandung, ada beberapa hal yang perlu bunda lakukan agar mudik  tetap aman dan nyaman. Berikut tips-tips yang perlu diperhatikan. Disimak yuk, bun.

Konsultasi Dengan Dokter Kandungan

freepik.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mudik adalah bertemu dengan dokter spesialis kandungan, untuk berkonsultasi mengenai perkembangan janin dan kondisi ibu hamil. Perjalanan mudik tidaklah sebentar, oleh karenanya membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang prima. Waktu terbaik bagi ibu hamil untuk bepergian adalah pada trimester kedua ya, Bunda. Saat trimester kedua gangguan seperti mual, muntah, pusing, dan cepat merasa lelah, juga sudah mulai hilang pada saat ini. Jangan lupa lengkapi diri Bunda dengan identitas yang jelas dan nomor telepon penting yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Letakkan keterangan tersebut di tempat yang jelas terlihat, seperti digantung pada tas.

Bawa Catatan Medis Beserta Obat-Obatan

freepik.com

Perjalanan yang jauh akan membuat ibu hamil merasa letih, oleh karenanya lebih baik bunda menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan. Seperti obat anti mual, pusing, serta vitamin untuk meningkatkan kondisi menjadi prima kembali. Patut diingat ya bun, untuk membawa obat diperlukan resep dari dokter spesialis kandungan agar obat tersebut tidak menganggu kesehatan janin bunda. Selain itu yang penting untuk dibawa adalah catatan medis kesehatan ibu dan janin,agar dokter yang bunda rujuk mengetahui riwayat kesehatan bunda dan sang janin.

Bawa Bekal Makanan

freepik.com

Saat mengandung pasti Bunda akan cepat merasa lapar. Membawa bekal makanan akan membuat perjalanan lebih nyaman, karena tidak akan membuat Bunda kebingungan untuk mencari restoran. Bekal seperti makanan berat hingga camilan perlu disiapkan dalam tas. Hindari mengonsumsi camilan-camilan tinggi kalori namun rendah nutrisi. Sebagai gantinya, bawa buah-buahan seperti apel, jeruk, atau pisang. Bekal tersebut akan membuat Bunda tetap kenyang selama perjalanan dan membuat perjalanan semakin nyaman.

Bawa Air Minum

freepik.com

Untuk menghindari dehidrasi, saat mengandung ibu hamil harus membawa air minum yang cukup. Optimalkan minum air putih minimal 2 liter per hari selama di perjalanan. Air minum baik untuk kandungan dan bisa membuat ibu hamil tetap terjaga staminanya. Jangan lupa juga bawa camilan kesukaan Bunda ya, dan minum vitamin agar kesehatan janin dan bunda tetap terjaga.

Saat perjalanan mudik , usahakan untuk tetap bergerak supaya kaki tidak bengkak. Sesekali lakukan jalan kecil agar peredaran darah tetap lancar. Jika kamu malas berjalan kaki, ini akan membahayakan tubuh ya Bunda. Dengan menerapkan tips-tips berikut, mudikmu akan lebih aman dan nyaman. Gimana, sudah sejauh mana nih persiapanmu lebaran di kampung halaman?

Leave a reply