Diantara banyak tantangan yang harus dihadapi seorang wanita yang baru saja menjadi ibu, sepertinya urusan memandikan bayi akan menjadi sangat mendebarkan ya. Karena seperti yang kita tahu bahwa sebagian bayi cenderung enggan untuk dimandikan. Tidak jarang juga mereka kan menangis sekuat-kuatnya saat mulai menyentuh air. Nah oleh karena itu, sebagai ibu baru ada baiknya bila Bunda mempelajari dulu trik-triknya nih. Dan berikut ada tips memandikan bayi yang bisa langsung Bunda praktekkan di rumah.

Gunakan bantuan washlap

Untuk tahapan pertama ada baiknya bila Bunda tidak memaksa si kecil mandi. Gunakanlah bantuan washlap atau sponge basah agar sang buah hati mulai terbiasa terkena air di kulitnya. Setelah mencoba beberapa kali barulah mandikan dia dengan bak mandi khusus bayi. Air yang dituangkan pun jangan terlalu banyak ya. Kurang lebih siapkan air maksimum dengan tinggi 5 cm atau tidak sampai menyentuh telinganya saat terlentang dalam bak.

Suhu air itu penting

Saat memandikan bayi, Bunda tidak diperkenankan menggunakan air yang terlalu panas maupun terlewat dingin. Untuk mengecek suhu air, coba Bunda celupkan bagian siku dalam bak mandinya. Karena siku ternyata lebih sensitif dibanding telapak tangan loh. Dan sebelum tuangkan air panas setelah bak terisi air dingin.

Lakukan trik selang-seling

Membasahi kepala si kecil terlebih dahulu justru akan membuat bayi mulai menangis dengan keras. Oleh karena itu coba mulai menyiram bagian kaki, badan, tangan, dan kepala dengan perlahan dan sedikit demi sedikit. Namun bila anak judtru sering menangis meronta, coba Bunda lakukan trik selang seling. Misalnya mandi pagi ini Bunda menyabun bagian kaki, dan mandi selanjutkan baru terfokus pada keramas. Hal itu bisa Bunda selesaikan sesaat sebelum si kecil mulai meronta.

Pilih waktu yang tepat

Hampir semua bayi akan merasa lebih senang bila dimandikan ketika dia mulai merasa kepanasan. Maka dari itu coba untuk peka memilih jam-jam yang tepat, dan jadikan pula hal itu sebagai rutinitas supaya si kecil mulai terbiasa. Dan saat memandikannya, Bunda bisa menghiburnya dengan mainan yang dapat mengapung atau bisa juga dengan mengajaknya bernyanyi. Dengan begini rasa cemas yang dirasakan si kecil bisa berkurang.

Selalu damping si kecil

Hampir semua orang tua pasti memilih bak mandi yang nyaman dan aman untuk si kecil. Meski demikian, tolong jangan tinggalkan dia sendiri di dalam bak barang cuma 1 menit pun. Karena anak yang awalnya merasa nyaman juga bisa takur dan bingung jika ditinggalkan baik hanya untuk mengambil handuk dan lainnya. Siapkan semua alat mandi di dekat Bunda sebelum memandikan si kecil agar dia tidak merasa takut dan berontak bahkan sampai terpeleset saat mulai takut ditinggalkan Bundanya.

Selain itu, jangan lupa beri si kecil pujian ketika dia berhasil tidak menangis saat dimandikan. Pasalnya meski masih bayi, dia juga punya insting kuat loh. Semoga tips-tips di atas bisa membuat buah hati Bunda tak lagi takut untuk mandi ya. Dan bila si kecil sudah dimandikan dan mulai tertidur nyenyak, boleh loh bunda bersantai sambil ngemil. Tentunya salah satu penganan ringan yang sayang untuk dilewatkan adalah Lapis Malang. Jajanan ini bisa Bunda dapatkan di salah satu outletnya di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang. Yuk mandi, Byur!

Leave a reply