Kegiatan membangunkan anak di pagi hari bisa menjadi hal yang cukup sulit ya bunda. Biasanya si kecil sangat sulit dibangunkan dan beranjak dari tempat tidurnya. Dan pada saat yang sama, bundapun juga harus membersihkan rumah dan juga menyiapkan sarapan untuk keluarga. Berikut ini Lapis Malang punya beberapa tips mudah dan efektif membangunkan anak di pagi hari, yang telah dirangkum dari beberapa sumber. Tips ini bisa langsung bunda praktekkan di rumah loh.

Atur Jam Tidurnya

Cara utama agar si kecil bisa bangun pagi adalah dengan mengatur waktu tidur mereka. Tentukan jam tidur si kecil setiap malam. Misalnya 8 jam sehari dari 21.00 – 05.00 WIB.  Selain itu selalu pastikan si kecil menyelesaikan semua aktivitasnya sebelum jam tidur tiba. Hal tersebut berguna agar buah hati bunda bisa tidur tepat pada waktunya. Manfaat mengatur jam tidur anak juga bisa memenuhi kebutuhan tidurnya dan membantunya fokus saat beraktivitas.

Perhatikan Kebiasaan Anak Sebelum Tidur

nbcnews.com

Seiring berkembangnya teknologi, banyak anak-anak yang sudah memiliki gadget pribadi ya bunda. Fitur yang digunakannya pun beragam, misalnya streaming video atau macam-macam game yang sangat mempengaruhi jam tidur si kecil. Sebaiknya bunda juga memperhatikan kebiasaan si kecil yang satu ini sebelum ia beranjak tidur. Batasi kebiasaan mereka bermain gadget, dan berikan jadwal khusus memainkan gadget agar jam tidurnya tidak terganggu dan dia bisa bangun pagi dengan mudah.

Ingatkan Tentang Tanggung Jawab

timesindonesia.co.id

Apabila si kecil sudah terlalu sering bangun kesiangan, bunda bisa mengingatkan dia jika bangun pagi dan pergi ke sekolah adalah tanggung jawabnya. Oleh karena itu, sebaiknya bunda membangunkan si kecil di pagi hari seperlunya saja. Bunda tidak perlu lagi bolak-balik ke kamar tidurnya untuk membangunkannya. Dengan mengingatkan soal tanggung jawab, si kecil pun akan semakin memahami jika bangun pagi adalah tugas dan juga rutinitasnya.

Berikan Konsekuensi Jika Bangun Terlambat

pixabay.com

Jika memang bunda sudah berusaha berbagai cara supaya si kecil bisa bangun pagi, tetapi dia tetap susah dibangunkan, biarkan dia merasakan resikonya. Jika ia terlambat berangkat ke sekolah, usahakan bunda tidak mengantarkannya berangkat ke sekolah. Apabila anak sudah cukup besar, biarkan ia berangkat ke sekolah dengan kendaraan umum. Kemungkinan dia akan kesal, tetapi hanya sesaat. Tetapi keesokan harinya ia akan berusaha untuk bangun tepat waktu setiap harinya.

Menyiapkan Perlengkapan Sekolah di Malam Hari

pixabay.com

Sebisa mungkin bunda memberikan kebiasaan kepada si kecil untuk mempersiapkan perlengkapan sekolah di malam hari. Misalnya menyiapkan seragam, sepatu, memasukkan buku pelajaran ke dalam tas. Maka ketika ia bangun di pagi hari, ia pun tinggal membereskan tempat tidur, mandi kemudian sarapan saja bun. Hal ini akan membuatnya merasa lebih ringan untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Demikian bunda tips mudah sekaligus efektif membangunkan anak di pagi hari. Yuk praktekkan cara-cara tersebut abar kedisiplinannya juga ikut terlatih. Bantu si kecil melatih disiplinnya sampai ia bisa bangun dengan sendirinya. Dan supaya si kecil dan semua anggota keluarga bunda lebih bersemangat, jangan lupa menyajikan Lapis Malang di rumah. Lapis Malang bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing
  12. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply