Untuk para orang tua baru mungkin masih banyak yang merasa kebingungan saat merawat tali pusar si kecil, karena memang hal ini membutuhkan ketelitian serta kehati-hatian ekstra ya Bunda. Belum lagi banyaknya mitos seputar perawatan tali pusar yang tentunya membuat para orang tua makin bingung menanggapinya. Sebelumnya perlu diketahui bahwa dalam sekitar 1-3 minggu tali pusar akan kering dengan sendirinya. Dan saat itu pula perawatan harus dilakukan dengan hati-hati agar tak menimbulkan infeksi. Oleh karena itu saat ini Lapis Malang akan berbagi tips merawat tali pusar bayi yang baru lahir yang dilansir dari berbagai sumber.

Menjaga kebersihannya

Kebersihan tentu jadi hal yang paling utama ya Bunda. Setelah dipotong, tali pusar si kecil akan kering dan lepas dengan sendirinya. Tugas Bunda adalah selalu menjaga kebersihannya sampai tali tersebut benar-benar terlepas. Adapun menjaga kebersihan tersebut tujuannya agar tali pusar cepat kering dan menghindari infeksi. Untuk caranya sendiri, coba Bunda bersihkan area sekitar tali pusar menggunakan alkohol. Perlu diingat juga bahwa Bunda harus berhati-hati saat menggunakan alkohol sebab bila kulit sang buah hati termasuk sensitif, ditakutkan akan menyebabkan iritasi. Bila demikian ada baiknya untuk terlebih dahulu mengoleskan lotion pada bagian yang akan terkena alkohol.

Menjaga tetap kering

Penting juga untuk Bunda menjaga daerah tali pusar agar tetap kering. Caranya sebenarnya cukup mudah, tapi harus telaten ya. Usahakan tali pusar tidak tertutup dengan popok agar sirkulasi udara di bagian sekitarnya tetap terjaga dengan baik. Hal ini fungsinya adalah agar tali pusar tidak menjadi lembab. Semakin lancar sirkulasi udaranya dan semakin banyak udara yang diterimanya, maka tali pusar juga akan menjadi cepat kering.

Hindari bak mandi penuh air

51250289 – asian newborn baby having a bath

Bila tali pusar si kecil belum sepenuhnya terlepas, coba untuk tidak memandikannya dalam bak mandi dengan air terlalu penuh ya. Bunda bisa memandikannya cukup dengan menggunakan spons maupun waslap dengan cara mengusap badannya secara lembut. Memandikan sang buah hati dalam bak mandi penuh air hanya akan membuat bagian tali pusar menhadi lembab sehingga menyebabkan infeksi serta demam lho.

Biarkan terlepas dengan sendirinya

Seperti yang tadi disebutkan bahwa butuh waktu kurang lebih 1 sampai 3 minggu sampai tali pusar benar-benar akan terlepas untuk bayi yang baru lahir. Dan ada baiknya jika Bunda dengan sabar membiarkan tali pusar sang buah hati dengan sendirinya. Hal tersebut karena tali pusar bayi yang terlepas sebelum waktunya hanya akan menyebabkan pendarahan. Tentu Bunda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu cobalah untuk bersabar ya.

Selama bayi masih berada dalam kandungan, tali pusar ini berfungsi sebagai jembatan masuknya pasokan nutrisi serta oksigen dari sang ibu pada sang janin. Namun setelah lahir, tentu peran tali pusar tak lagi diperlukan ya Bunda dan harus dirawat sedemikian rupa sampai terlepas dengan sendirinya. Selamat mencoba tips-tips di atas ya Bunda. Yang pasti kuncinya adalah tetap teliti dan hati-hati! Jangan lupa juga cobain camilan enak Lapis Malang untuk terus mengisi energy sembari merawat sang buah hati tercinta.

Leave a reply