Liburan telah usai, dan anak-anak pun harus kembali bersekolah seperti biasanya ya bunda. Bukan rahasia lagi jika motivasi belajar anak-anak mengalami penurunan setelah liburan panjang. Hal tersebut wajar terjadi karena anak-anak masih teringat tentang indahnya masa liburan. Selain itu, terkadang semester baru dirasa lebih sulit dan juga membingungkan bagi mereka. Untuk itu, bunda dan suami harus membantunya memberi motivasi agar ia bersemangat kembali ke sekolah. Nah, berikut ini Lapis Malang punya beberapa tips meningkatkan motivasi belajar anak setelah liburan panjang.

Jelaskan Tentang Pentingnya Sekolah

pixabay.com

Sebelum memasuki masa-masa kembali ke sekolah, ajaklah buah hati bunda untuk mengobrol bersama. Bunda dan si kecil bisa mengobrol tentang sekolahnya. Ketika mengobrol dengannya, usahakan untuk membicarakan tentang hal-hal menarik dan juga positif tentang sekolah. Dengan membicarakan tentang hal-hal menarik dan juga positif tentang skeolah, si kecil tidak akan takut dan malas lagi kembali belajar di skeolah.

Tanamkan Kedisiplinan

pixabay.com

Rasa malas belajar setelah liburan panjang memang wajar ya bunda. Akan tetapi, hal tersebut bisa dihindari jika bunda telah menanamkan sikap kedisiplinan kepadanya sejak dini. Jika si kecil telah ditanamkan kedisiplinan sejak dini, maka akan lebih mudah mendorongnya untuk meningkatkan motivasi belajar, baik di sekolah maupun di rumah.

Beri Peralatan Sekolah Baru

aleteia.org

Biasanya, anak-anak akan bersemangat untuk belajar apabila ia diberi peralatan sekolah baru, misalnya tas, sepatu, alat tulis, dan juga sebagainya. Saat bunda bersama si kecil dan akan membelikannya peralatan sekolah baru, sebaiknya bunda juga memintanya untuk berjanji, agar ia kembali bersekolah dengan semangat. Selain itu, pintalah ia untuk berjanji agar belajar lebih giat lagi. Cara ini cukup efektif loh bunda.

Tanamkan Sifat Percaya Diri

pixabay.com

Menanamkan sifat percaya diri setelah liburan juga merupakan tips meningkatkan motivasi belajar si kecil loh bunda. Sifat percaya diri sangat penting ditanamkan agar buah hati bunda mau kembali ke sekolah dengan nyaman. Selain nyaman, si keciloun juga tidak perlu lagi merasa disuruh-suruh agar mau belajar lagi di sekolah. Rasa percaya diri yang kuat bisa membantunya untuk perkembangan diri di lingkungan sekolahnya. Misalnya kepada teman-temannya, dan juga guru-gurunya.

Mendaftarkannya Ke Bimbingan Belajar

iltuobambino.net

Jika buah hati bunda mengalami kesulitan belajar dan juga sulit memahami materi semester baru, tidak ada salahnya jika bunda mendaftarkannya ke kursus belajar. Melalui program kursus belajar ini, buah hati bunda akan semakin percaya diri dan bersemangat belajar dengan suasana baru. Semakin lama, kesulitan belajar yang dihadapinya setelah liburan panjang, akan teratasi dengan mudah.

Nah demikian bunda beberapa tips meningkatkan motivasi belajar anak setelah liburan panjang. Selain cara-cara di atas, jangan lupa untuk meluangkan waktu bunda bersama si kecil untuk saling bercerita tentang hari-harinya. Obrolan hangat ini semakin pas jika bunda menyajikan Lapis Malang sebagai camilannya. Lapis Malang yang lezat dan juga terjangkau ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply