Teman khayalan adalah salah satu bagian dari fantasi anak-anak ya bunda. Biasanya si kecil memiliki teman khayalan saat ia memasuki usia sekolah. Memiliki teman khayalan bukan berarti ada yang salah dengan buah hati bunda. Justru ia menjadi orang kreatif dan memiliki daya imajinasi yang kuat. Selain itu si kecil akan mudah berbaur dengan siapa saja nantinya. Namun terkadang jika si kecil memiliki teman khayalan merupakan tantangan tearsendiri ya bun. Berikut ini Lapis Malang punya beberapa tips untuk mengatasinya.

Biarkan Imajinasinya Berkembang

sumber “dherbs.com

Jika bunda semakin menjauhkan si kecil dengan teman imajinasinya, makan ia juga akan semakin kekeuh pada imajinasinya. Resikonya, si kecil akan sulit membedakan mana yang nyata dan mana yang khayalan. Yang sebaiknya bunda lakukan adalah membiarkan dia mengembangkan sendiri imajinasinya dan bunda bisa juga ikut beraprtisipasi di dalamnya. Misalnya dengan menanyakan tentang bagaimana sosok teman imajinasinya, akan tetapi biarkan si kecil membangun sendiri identitas teman imajinasinya ya bunda.

Mengajarkan Tanggung Jawab

sumber : pixabay.com

Ketika si kecil mulai melemparkan kesalahan kepada teman khayalannya, misalnya memberantakkan kamar, mintalah ia juga ikut bertanggung jawab. Bunda bisa mengatakan kepada si kecil untuk merapikan kamarnya kembali. Tegaskan juga jika apapun yang dilakukan oleh teman khayalannya, si kecil juga harus menanggung konsekuensinya.

 

Disiplin

sumber : pixabay.com

Untuk menghadapi buah hati bunda yang mempunyai teman imajinasi, bunda juga perlu menerapkan kedisiplinan loh. Bunda juga perlu memberi batasan pada si kecil dan juga teman imajinasinya. Berilah peraturan yang sama, misalnya si kecil harus merapikan mainan setelah dipakai, harus makan sayur, sikat gigi sebelum tidur, belajar ketika waktunya belajar, dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan agar si kecil tidak menggunakan teman imajinasinya sebagai senjata agar ia bisa menghindari aturan yang sudah diterapkan di rumah.

 

Mengenalkan Anak Pada Dunia Nyata

sumber : pixabay.com

Tips selanjutnya adalah mengenalkan si kecil pada dunia nyata. Seiring berlalunya waktu, ajak si kecil untuk memiliki berbagai pengalaman baru. Misalnya kenalkan ia pada teman-teman seusianya, ajak ia ke taman bermain, ajak ia mengikuti kegiatan-kegiatan tertentu bersama anak-anak seusianya, dan sebagainya. Semakin sering bunda mengajaknya untuk mendapatkan pengalaman di dunia luar, ia akan lupa kepada teman khayalannya.

Demikian bunda tips-tips menghadapi si kecil yang memiliki teman khayalan. Sebenarnya, memiliki teman imajinasi memang ada manfaat sendiri untuk si kecil. Namu, ia tetap harus beraktivitas dan berbaur dengan teman-teman seusianya. Saat ia beraktivitas di luar rumah atau bermain dengan teman-teman sebanyanya, bunda bisa memberikan Lapis Malang sebagai bekal atau camilan. Lapis Malang bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply