Seiring berekmbangnya teknologi, zaman sekarang anak-anak sudah mengenal gadget ya bunda. Bahkan tidak sedikit anak yang memiliki gadget sendiri. Gadget sendiri bisa bermanfaat sebagai media hiburan anak-anak maupun media belajar anak. Misalnya untuk membantu mengerjakan tugas, bermain game,atau bermain media sosial. Tiga hal tersebut memang tidak lepas dari penggunaan internetya bunda. Tentunya sebagai orang tua, bunda dan suami harus mengajarkan tentang bermain internet secara aman kepada si kecil. Nah, berikut ini Lapis Malang memiliki beberap tips jitu mengajarkan anak bermain internet dengan aman. Tips ini bisa langsung bunda praktekkan loh.

Berhati-hati saat membuka situs web

pixabay.com

Jangan lupa untuk mendampingi sang buah hati, saat ia bermain internet ya bun. Beritahu dia jika situs yang akan ia kunjungi bisa mengandung iklan. Biasanya iklan di internet akan membawanya untuk mengunjungi situs yang lain, atau mengandung virus. Dan bahkan konten yang tidak pantas. Untuk menghindari hal tersebut, ajarkan ia untuk tidak mengklik tautan apapun yang ada di situs yang dikunjunginya. Jangan lupa juga untuk memberitahukan bahwa dia harus selalu melapor jika tidak sengaja melihat konten yang tidak pantas.

Tidak memposting informasi pribadi

pixabay.com

Salah satu aturan dasar bermain internet adalah tidak memposting semua informasi pribadi. Ajarkan hal ini juga kepada si kecil ya bunda. Berikan pehamanan kepadanya untuk tidak memposting info-info seperti hal berikut.

  • Nama lengkap dan nama orang tua.
  • Nama dan alamat sekolah.
  • Alamat dan nomor telepon anak serta orang tua.
  • Alamat email anak atau orang tua.
  • Nomor kartu kredit orang tua.

Bijak memposting apapun di sosial media

BeSecureOnline

Bersikap sopan santun saat berinteraksi di sosial media juga termasuk mengajarkan keamaanan berinternet loh bunda. Beritahu juga kepadanya jika apapun yang diposting di internet, selamanya akan tetap dewasa, bahkan sampai saat ia tumbuh dewasa. Ajarkan ia untuk tidak berkata kasar, menyebarkan berita yang belum tentu benar, tidak menyebarkan informasi orang lain. Dan lain sebagainya.

Selalu berhati-hati untuk berinterkasi dengan orang asing di internet

nbcnews.com

Bunda juga perlu memberitahukan si kecil bahwa semua orang juga bisa berpura-pura di internet. Ajarkan ia untuk hanya beinterkasi secara online dengan orang yang sudah dia kenal di dunia nyata. Jangan lupa untuk memastikan jika ia selalu memberitahu, hal-hal yang membuatnya tidak nyaman ketika berinteraksi online. Misalnya ada yang meminita informasi pribadinya, atau membuatnya merasa tertekan, dan sebagainya.

Demikian bunda tips mengajarkan anak aman bermain internet. Jika bunda memiliki tips yang lainnya, yuk tambahkan di kolom komentar!

Oh ya jika bunda membutuhkan camilan yang pas disantap dengan keluarga, jangan lupa sediakan Lapis Malang. Lapis Malang bisa didapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Tumenggung Suryo No. 76 A
  7. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  8. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  9. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  10. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  11. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  12. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing

 

Leave a reply