Memiliki buah hati adalah anugerah yang sangat berharga bagi setiap pasangan. Apalagi memiliki anak kembar, wah sudah pasti menyenangkan sekaligus menantang ya bunda. Bahkan tidak sedikit seorang ibu merasa kewalahan saat mengasuh buah hatinya yang kembar. Seperti memandikan, menyusui, dan lain-lainnya pasti akan sangat bingung rasanya bila karena memang belum sama sekali memiliki pengalaman serupa. Nah berikut ini Lapis Malang punya beberapa tips jitu dan menyenangkan mengasuh anak kembar.

Harus Disiplin Waktu

sumber : popmama.com

Merawat bayi memang menyita waktu ya bunda, apalagi bayi kembar yang membutuhkan waktu dan perhatian ekstra. Oleh karena itu sebaiknya bunda membuat jadwal saat tidur, menyusui, atau memandikan mereka bersamaan secara teratur. Cara ini memiliki pengaruh positif loh bunda, selain memudahkan bunda, si kecil juga bisa belajar hidup teratur sejak dini.

Perisapkan Segala Keperluan

sumber : wap.mi.baca.id

Selain membutuhkan perhatian yang ekstra, anak kembar juga memerlukan keperluan yang juga ekstra. Sebaiknya bunda menyiapkan segala keperluannya supaya tidak merasa kewalahan di saat genting. Selalu sediakan aneka keperluan penting seperti popok, makanan, dot, dan lainnya di sekitar bunda. Jangan lupa selalu memperhatikan stoknya ya bun, jangan sampai keperluan yang dibutuhkan kehabisan disaat sedang dibutuhkan.

Pastikan Si Kembar Memiliki Barang yang Sama

sumber : nakita.grid.id

Saat membelikan barang untuk si kemar seperti pakaian, dan mainan pastikan untuk membelinya double ya bun. Hal ini bisa bunda lakukan agar tidak timbul rasa kecemburuan diantara mereka. Jadi dari pada salah satu diantaranya merengek dan rewel tidak memiliki barang seperti saudaranya, alangkah lebih baik jika mereka memiliki barang yang sama. Selain membuat mereka rukun, mereka juga terlihat menggemaskan dengan menggunakan barang yang sama.

Waspada Penyakit Menular

sumber : idntimes.com

Pastinya kita sering mendengar tentang cerita jika salah satu anak kembar sedang sakit, maka saudaranya juga terserang penyakit yang sama. Oleh karena  itu sebaiknya  bunda memisahkan si kembar dengan cara tidak menempatkannya dalam satu box. Hal tersebut dilakukan agar kuman tidak mudah menyebar dan juga untuk mengurangi resiko penularan penyakit pada sang buah hati yang lebih sehat.

Libatkan Sang Suami

sumber : parenting.dream.co.id

 

Semampu-mampunya bunda merawat si kembar, pastinya ada saatnya bunda membutuhkan bantuan juga ya. Jangan ragu untuk melibatkan sang suami dalam mengasuh buah hati bunda yang kembar. Bagilah tugas bersama suami dan lakukan kegiatan mengasuh secara bersama-sama, sehingga bunda dan suami bisa belajar dan memiliki pengalaman mengasuh anak kembar yang menyenangkan. Selain itu suami bunda akan ikut bahagia bisa menyaksikan buah hatinya tumbuh kembang dengan baik dan sering menghabiskan waktu bersama mereka.

Demikian bunda cara-cara jitu dan menyenangkan merawat anak kembar. Selain cara-cara di atas, bunda juga butuh waktu me time untuk menghindari stress. Saat me time bunda bisa menyisipkan Lapis Malang sebagai camilan. Kue lapis asli kota Malang ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply