Menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga sekaligus, memang buka perkara yang mudah ya bunda. Bunda harus tetap mengambil peran sebagai ibu rumah tangga, disela-sela kesibukan bunda dalam berkarir. Disamping itu, bunda juga harus menjaga keharmonisan keluarga. Komunikasi antara bunda dan juga suami, sekaligus bunda dan anak-nak harus tetap dijaga dengan baik agar mereka tidak kehilangan sosok bunda sebagai ibu rumah tangga. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk bunda yang berperan ganda, yaitu tips efektif menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga. Ikuti tipsnya yuk bunda.

Bagi Tugas

bersih-bersih rumah
ugetuget.com

Agar komunikasi antar anggota keluarga tetap terjalin dengan baik, mintalah setiap anggota keluarga bunda untuk ikut serta dalam pekerjaan rumah tangga. Misalnya, bersih-bersih rumah, belanja keperluan rumah tangga, membersihkan halaman, dan lain sebagainya. Hal ini bisa memudahkan bunda yang tidak memiliki asisten rumah tangga di rumah. Bicarakan hal ini dengan baik saat bunda dan semua anggota keluarga sedang berkumpul. Dengan cara ini, suami dan juga anak-anak akan mengerti bagaimana susahnya peran bunda sebagai ibu rumah tangga dan juga wanita karir.

Atur Waktu Dengan Baik

waktu bersama keluarga
thedrum.com

Sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga, bunda juga harus pandai membagi waktu ya. Saat pagi sampai sore, bunda disibukkkan dengan pekerjaan kantor. Dan sebaiknya, setelah sampai di rumah, bunda harus benar-benar meninggalkan pekerjaan kantor dan harus fokus dengan aktivitas keluarga di rumah. Misalnya membantu si kecil mengerjakan tugas sekolah, mengobrol dengan suami, atau memasak untuk makan malam. Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk berkumpul bersama semua anggota keluarga agar keharmonisan tetap terjaga.

Jangan Mendunda Pekerjaan

wanita karir
pixabay.com

Terlalu sering dan terbiasa menunda pekerjaan, bisa membuat manajemen waktu yang sudah bunda buat sebelumnya menjadi kacau loh. Saat bekerja di kantor, usahakan menyelesaikan seluruh pekerjaan bunda agar bunda tidak sampai lembur. Lembur bisa membuat bunda mengorbankan waktu untuk keluarga di rumah loh. Demikian juga saat bunda sudah berada di rumah, usahakan mengerjakan pekerjaan rumah tangga semampu bunda dan jangan memnunda pekerjaan itu sampai keesokan harinya. Hal tersebut bisa membuat pekerjaan rumah menumpuk dan juga berpengaruh ke pekerjaan kantor loh bunda.

Memiliki  Orang Kepercayaan

anak dan kakek
pixabay.com

Saat anak-anak butuh didampingi, atau ada acara-acara khusus yang juga melibatkan bunda, namun bunda sedang bekerja, di saat inilah bunda butuh orang kepercayaan yang bisa menjaga anak-anak. Bunda bisa meminta tolong saudara, ibu, atau mertua. Walaupun jika bunda sudah memiliki orang kepercayaan, jangan lupa untuk tetap mengawasi anak-anak melalui telefon ya bunda. Hal ini bisa bermanfaat untuk mengetahui aktivitas anak-anak dan agar anak-anak tetap merasa diperhatikan oleh bunda.

Luangkan Quality Time Bersama Keluarga

keluarga harmonis
herviewfromhome.com

Sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga, sepertinya akan sulit memiliki quality time bersama keluarga ya bunda. Saat bunda libur bekerja, luangkan waktu bunda untuk berkumpul bersama keluarga. Entah itu saat akhir pekan, atau hari libur nasional. Sesekali ajaklah suami dan juga anak-anak untuk melakukan aktivitas bersama. Misalnya liburan, berbelanja bersama, menonton film bersama, makan di restauran, dan lain sebagainya.

Nah itu tadi bunda beberapa tips efektif menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga. Sebenarnya meiliki peran ganda tidak terlalu sulit kok bunda. Jangan lupa untuk menunta bantuan suami untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan juga mendampingi anak-anak.

Setelah pulang kantor dan ingin berkumpul bersama keluarga, jangan lupa membawa Lapis Malang sebagai camilan untuk suami dan juga anak-anak di rumah. Lapis Malang bisa didapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply