Usia balita adalah usia dimana anak-anak siap menerima dan belajar banyak hal baru ya bunda. Nah pada usia ini sebaiknya bunda mulai mengajarkan hal-hal yang berpengaruh saat ia tumbuh dewasa kelak. Misalnya mengajari tentang berbicara sopan santun, mengajari tentang menjaga kebersihan, mengajari tentang empati kepada orang lain, atau mengenalkan uang kepadanya. Nah, berikut ini Lapis Malang memiliki tips efektif mengenalkan uang pada buah hati bunda yang dirangkum dari beberapa sumber. Tips ini bisa membuat si kecil berhemat dalam mengelola uang saat ia dewasa nanti. Yuk langsung cek bun tips-tips efektifnya.

Uang Sebagai Alat Belajar Berhitung

entrepreneur.com.ph

Biasanya anak usia taman kanak-kanak belajar berhitung dengan cepat menggunakan uang loh bunda. Ajarkan si kecil mengenal nilai mata uang dengan permainan jual beli. Misalnya bunda dan si kecil bisa berperan sebagai pedagang dan pembeli. Bunda menjual penghapus dengan harga Rp 1.000 rupiah, sebelumnya berikan uang Rp 2.000 kepada si kecil sebagai media untuk membeli penghapus tersebut. Setelah si kecil menyerahkan uang Rp 2.000 kepada bunda untuk membeli penghapus, berikan uang kembaliannya, bisa berbentuk uang kertas atau uang koin. Dengan cara ini secara tidak langsung, si kecil belajar berhitung dan menambah pengetahuannya tentang matematika.

Ajarkan Berbagi

charity-matters.com

Biasanya uang juga digunakan untuk membantu sanak saudara kita yang membutuhkan ya bunda. Hal tersebut dikarenakan akan lebih mudah membantu mereka dengan menggunakan uang. Dengan uang yang dimiliki kecil, akan lebih mudah untuk mengajarkannya tentang kepedulian dan berbagi dengan sesama. Melalui hal ini, si kecil juga akan belajar jika uang bukanlah segalanya, dan uang bisa bemnafaat untuk membagi kebahagiaan dengan orang lain.

Beri Pengertian Jika Mendapatkan Uang Perlu Usaha

bos kecil
pixabay.com

Jika si kecil pernah ikut menemani bunda mengambil uang di ATM, maka ia akan befikir jika ATM sebagai sumber uang. Oleh karena itu, bunda perlu memberikannya pengertian jika uang yang berada di dalam ATM adalah uang tabungan yang diperoleh dari hasil bekerja. Boleh sesekali ajak si kecil ke tempat bunda bekerja, hal ini berguna supaya si kecil bisa melihat dan juga memahami jika mendapatkan uang diperlukan usaha. Ketika si kecil sudah lebih besar, bunda bisa mengajaknya untuk berjualan dari hasil karyanya.

Kenalkan Sistem Menabung

menabung
larioja.com

Mengajarkan anak untuk menabung bisa melatihnya untuk disiplin loh bunda. Selain itu, sangat penting untuk mengajarinya menabung sejak dini, agar bisa berhemat dan pandai mengelola keuangan ketika ia dewasa nanti. Untuk mengenalkan sistem menabung kepadanya, kenalkan sistem amplop kepada si kecil. Caranya dengan menetapkan amplop terpisah untuk menyimpan dan amplop untuk membeli sesuatu. Jika ada sisa uang dari amplop khusus belanjanya, jangan lupa meminta dia untuk menyimpan uang sisa tersebut di amplop tabungannya ya bunda.

Permainan koin

derbytelegraph.co.uk

Saat bunda dan si kecil berada di rumah, ajaklah ia bermain dengan uang koin. Kenalkan ia pada uang koin dengan jumlah nominal yang berbeda-beda. Misalnya Rp 100, Rp 200, Rp 500 dan Rp 1.000. Mintalah si kecil unutuk mengelompokkan uang tersebut yang memiliki nilai nominal kecil hingga yang besar. Dan mintalah ia juga mengelompokkan uang yang bernominal kecil sampai jumlahnya sama dengan 1 koin yang bernominal sama. Misalnya mengelompokkan uang koin dari uang koin Rp 100 sampai berjumlah Rp 1.000. Dengan cara ini, secara tidak langsung ia akan memahami jika bukan jumlah banyaknya koin yang pemting, akan tetapi nilai dari setiap koin yang ada.

 

Demikian bunda cara-cara efektif mengenalkan uang pada si kecil. Jangan lupa hadirkan Lapis Malang sebagai camilan di sela-sela cara bunda mengenalkan uang kepadanya. Lapis Malang yang lezat dengan berbagai topping menarik ini, bisa didapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply