Membiasakan anak untuk mengerjakan PR sendiri tanpa diingatkan dan juga disuruh, memang gampang-gampang susah ya bun. Memang dibutuhkan inisiatif dari dirinya sendiri untuk melaksanakan tanggung jawabnya. Dan pada dasarnya anak memang membutuhkan bantuan bunda untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan juga kemandirian. Berikut ini ada beberapa tips efektif agar sang buah hati bisa dan mau mengerjakan PR sendiri yang kami rangkum dari berbagai sumber. Coba praktekkan tips-tips ini yuk bunda.

Tidak Sering Memantaunya Belajar

pixabay.com/

Jika ingin sang buah hati belajar mandiri dan tanggung jawab, bunda harus lebih sering mengurangi peran bunda untuk menemani dan juga memantaunya belajar. Bunda tidak perlu terus memperhatikan gerak-geriknya saat ia mengerjakanan PR, karena anak bisa kurnang nyaman dan tidak bisa berkonsentrasi. Jangan sampai juga bunda memarahinya jika dia mengerjakan dengan jawaban yang salah. Sebaiknya bunda menemaninya saja sambil mengerjakan hal lain. Misalnya membaca buku ataupun majalah.

Biarkan Anak Belajar Dari Kesalahan

sumber: duniabelajaranak.id

Biasanya bunda ingin sekali mengoreksi jawaban anak. Sebaiknya, jangan sering melakukan hal tersebut ya bunda. Biarkan dia belajar dari kesalahannya. Hal ini bisa membuatnya semakin giat belajar untuk mencari jawaban yang benar, agar nilai PRnya bagus. Selain itu, dia juga bisa mengkur kemampuannya sendiri dan melatih kemampuannya dalam memecahkan suatu masalah. Sama halnya jika anak sulit sekali untuk disuruh mengerjakan PR, jangan sampai memaksanya secara berlebihan, jika ia tidak mau mengerjakan. Biarkan ia merasakan konsekuensinya jika ia tidak mengerjakan PR.

 

Tentukan Waktu Belajar Yang Cocok

iltuobambino.net

Jika bunda mempunyai masalah anak susah diminta untuk menyelesaikan tanggung jawabnya untuk mengerjakan tugas sekolah, kemungkinan masalahnya ada di waktunya. Misalnya ia baru pulang dari les dan keberatan untuk belajar lagi. Bunda bisa membiarkannya memilih sendiri waktu untuk belajar. Jangan lupa untuk mengusahakan agar ia selalu mengikuti jadwal tersebut ya bunda. Semakin lama, ia akan mengerti jika mengerjakan tugas sekolah adalah termasuk hal penting dan juga tanggungjawabnya.

Nah, demikian bunda beberapa tips agar sang buah hati bisa mengerjakan PR sendiri. Saat anak bunda sudah terbiasa untuk mengerjakan tugas sekolahnya sendiri, jangan lupa sediakan camilan yang lezat di rumah, apalagi kalau bukan Lapis Malang. Kue lapis dengan rasa dan topping menarik ini bisa didapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Tumenggung Suryo No. 76 A
  7. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  8. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  9. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  10. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  11. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  12. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing

 

 

 

Leave a reply