Bagi sebagian orang tua mungkin masalah kerak kepala ini tidaklah begitu serius ya. Padahal perlu diketahui bahwa jika hal tersebut dibiarkan maka bisa saja akan menimbulkan infeksi lho Bunda. Kerak kepala ini biasanya ditandai dengan munculnya lapisan yang serupa dengan sisik yang berwarna kuning dan berminyak. Kerak ini biasanya bisa ditemukan tak hanya di bagian kepala, tapi juga di kelopak mata, alis, dan di sekitar telinga. Oleh karena itu, daripada kondisi makin parah yuk coba atasi kerak kepala si kecil dengan cara berikut.

Gosok bagian kulit kepala

Bunda bisa menggosok kulit kepala si kecil dengan menggunakan jari maupun kain lembut untuk meluruhkan serpihan keraknya. Tapi menggosok di sini bukan berarti menggaruk lho ya, karena menggaruk kerak malah bisa menyebabkan infeksi lho. Setelah itu cuci rambut sang buah hati dengan menggunakan sampo yang tak mengandung bahan berbahaya ya. Bunda juga bisa memijat-mijat bagian kepalanya sampai si kecil merasa nyaman.

Sampo khusus dari dokter

Bila kerak kepala si kecil tak kunjung hilang dalam waktu yang lama Bunda bisa mencoba membawanya ke dokter. Dan biasanya dokter akan memberikan rekomendasi sampo khusus yang bisa digunakan si kecil. Saat menggunakan sampo tersebut, Bunda harus pelajari betul-betul instruksi pemakaiannya ya. Pastikan juga sampo tersebut tidak sampai masuk ke mata sang buah hati untuk menghindari iritasi pada matanya ya.

Gunakan alternatif lain

Alternatif lain yang bisa Bunda coba adalah dengan mengoleskan petroleoum jelly atau beberapa tetes minyak mineral di bagian kulit kepalanya. Kemudian diamkan beberapa saat (jangan terlalu lama karena kandungan minyak bisa memperburuk kerak)agar lebih meresap sebelum kemudian disisir dan dibersihkan. Setelah itu Bunda bisa mencuci rambutnya dengan sampo yang biasanya digunakan.

Jaga kebersihan kulit kepalanya

Jika kerak di kepala sang buah hati sudah berhasil hilang, Bunda harus pastikan agar si kerak tidak kembali muncul ya. Jaga dengan baik kebersihan kulit kepala si kecil dengan mencuci rambutnya dengan rutin. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah adanya penumpukan kerak di kemudian hari. Jadi, memang benar-benar harus rajin mengajak anak menjaga kebersihan kulit kepala ya, Bunda.

Nah itu tadi Bunda beberapa cara yang bisa dicoba dipraktekkan agar si kecil terhindar dari kerak kepala yang mengganggu. Sebenarnya di beberapa apotek juga sudah menyediakan sampo khusus penghilang kerak, tapi bila Bunda tertarik mencobanya periksa dengan seksama cara menggunakannya ya. Nah kalau permasalahan kerak sudah teratasi, saatnya bersantai dengan si kecil sambil ditemani camilan aneka rasa Lapis Malang dong. Jajanan kekinian ini bisa Bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Giant Sawojajar Lantai 2
  7. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

Leave a reply