Rewel memang sudah menjadi hal biasa dilakukan oleh anak-anak. Penyebab rewel sendiri juga beragam, ada yang dikarenakan sekedar untuk mencari perhatian sampai bahkan rewel disebabkan tumbuh gigi. Bagi orang tua memang melihat anak tumbuh gigi adalah satu hal yang menyenangkan. Tapi siapa sangka sang buah hati justru merasa tidak nyaman sehingga kemudian menjadi rewel. Bila saat ini Bunda sedang mengalami masalah serupa, berikut ada 4 tips untuk mengatasi anak yang rewel karena tumbuh gigi.

Berikan teether

Salah satu cara yang paling banyak dipilih orang tua ketika anaknya tumbuh gigi adalah memberikan teether. Bentuk teether yang melingkar serta mudah digenggam tentu sangat memudahkan si kecil untuk menggunakannya. Jangan lupa untuk mendiamkan si teether ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum diberikan pada sang buah hati ya. Pasalnya teether yang sudah didinginkan akan memberikan manfaat maksimal untuk meredakan gatal pada gusinya.

Mengusap bagian gusi

Bila Bunda tahu bagian gigi yang mana yang mulai tumbuh, biasakan untuk secara perlahan mengusap gusinya. Bunda bisa menggunakan kain flannel kecil maupun jari yang tentunya sudah bersih ya. usap secara perlahan dan beri sedikit saja tekanan sampai anak merasa nyaman. Hentikan segera bila si kecil malah terganggu dan mulai lagi dengan sentuhan lebih pelan.

Coba dengan finger food

Selain mencoba menggunakan teether, Bunda juga bisa kok memberikan finger food pada anak yang sedang tumbuh gigi. Namun satu hal yang mesti diingat adalah jangan memilihkan makanan dengan kandungan gula tinggi seperti lollipop atau biskuit ya. Buah-buahan segar dengan manis alami pasti memberikan manfaat lebih baik dan tetap akan membuat si kecil merasa senang saat memakannya kok. Bunda bisa coba dengan apel bila masih bingung mencari alternative makanannya.

Konsultasikan pada dokter

Jika cara-cara di atas masih kerap membuat si kecil tidak nyaman, mungkin sudah saatnya Bunda dan suami mengajaknya untuk konsultasi dengan dokter gigi. Karena tak jarang anak juga akan menolak makan jika rasa nyeri di bagian gusinya tidak reda. Mungkin nantinya dokter akan memberikan beberapa obat guna meredakan rasa sakit tersebut.

Di satu sisi masa-masa si kecil tumbuh tinggi memang sangat ditunggu oleh orang tua, namun di sisi lain rasa tidak nyaman mereka juga membuat Bunda dan suami cemas. Melakukan konsultasi dengan dokter mungkin bisa jadi cara terbaik bila trik lain masih belum meredakan rewelnya ya Bunda. Dan kalau gigi sang buah hati telah tumbuh dengan sempurna dan lengkap, boleh loh ajakin untuk mencicipi Lapis Malang. Camilan ini bisa Bunda peroleh di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

Leave a reply