Setiap orang tua pastinya menginginkan memiliki hubungan yang erat dengan para buah hatinya ya bunda, terutama anak gadisnya. Biasanya anak perempuan cenderung lebih dekat dengan ibu dari pada dengan ayahnya. Akan tetapi saat ia mulai beranjak remaja, biasanya ia akan mulai mengurangi kedekatan dengan ibunya. Dan lebih sering menambah keakraban dengan teman-teman sebayanya. Hal tersbeut dikarenakan dia emosi mereka mulai berubah. Tentunya disaat ia menginjak masa remaja, bunda menginginkan menjadi sahabat terbaik dan memiliki hubungan yang erat dengannya ya bun. Berikut ini tips agar bunda memiliki hubungan yang erat dengan anak gadis bunda.

Mengikuti Trend

pixabay.com

Nggak ada salahnya loh jika bunda mengikuti trends yang sedang terjadi di kalangan anak remaja dan apa yuang di sukai oleh buah hati bunda. Bunda bisa mencari tahu apa saja yang sedang diidolakan olehnya. Misalnya film, serial televisi, lagu-lagu yang sedang hits di kalangan remaja. Hal ini bisa bemanfaat agar bunda bisa lebih memahami anak-anak remaja dan juga memiliki bahan yang asyik untuk diobrolkan dengan mereka. Anak perempuan bunda pun juga merasa jauh lebih dekat dengan bunda karena bunda bisa nyambung dengan mereka.

Jadikan Anak Sebagai Teman

pixabay.com

Untuk menjaga hubungan erat dengan san buah hati, berusahalah agar bunda bisa menjadi teman yang baik untuknya. Bunda bisa mendengarkan ceritanya mengenai apapun,  misalnya hal-hal apa saja yang telah ia lewati, kegiatan-kegiatannya di sekolah maupun di luar sekolah, dan sebagainya. Selain itu bunda juga bisa meminta pendapat sang buah hati mengenai hal-hal ketika bunda dan suami akan memutuskan sesuatu. Meminta pendapatnya untuk hal-hal yang cukup penting, bisa membuatnya merasa berarti.

Memahami Kondisi Anak

hubungan erat
pixabay.com

Ketika anak bunda terlihat sedang dalam masalah, jangan pernah memaksanya untuk menceritakan apa masalahnya ya bun. Berikan dia waktu khusus untuk menyelesaikan masalahnya, dan jangan lupa tetap beritahu dia jika bunda siap membantunya dan selalu ada untuk mereka. Jika bunda terus memaksanya untuk meceritakan apa masalahnya, biasanya dia akan bersifat defensif dan kedepannya ia tidak akan pernah mau terbuka.

Menjadi Pendengar Yang Baik

pendengar yang baik
pixabay.com

Di saat anak perempuan mulai memasuki masa remaja, ia membutuhkan seseorang yang bisa menjadi pendengar yang baik di dekatnya. Bunda cukup menanyakan bagaimana perasaannya hari itu, dan jika ia merasa antusias untuk menceritakan bagaimana hari-harinya, dengarkan dengan baik dan antusias pula. Jika suatu saat dia ada masalah dan menceritakan masalahnya ke bunda, dengarkan keluh kesahnya sampai ia selesai bercerita. Berikan saran terbaik tanpa menghakimi, dengan cara ini kedepannya ia tidak sungkan menceritakan apa masalahnya dan juga hari-hari yang ia lewati.

Menghargai Privasinya

pixabay.com

Anak yang sudah menginjak remaja juga memiliki privasinya sendiri loh bun baik di dunia nyata, maupun dunia maya. Mereka juga membutuhkan kedekatan dengan teman-teman seusianya di dunia maya. Untuk tetap menjaga privasinya, bunda boleh saja menfollow akun-akun sosial medianya, tanpa telalu ikut campur di dalamnya. Misalnya jika dia memposting sebuah foto di instagram, dan bunda ingin menanyakan sesuatu sebaiknya tidak menanyakan di kolom komentar ya bun. Hal tersebut bisa membuat si kecil tidak nyaman dan malu jika komentar tersebut dibaca oleh teman-temannya. Sebaiknya bunda menanyakannya langsung agar sang buah hati tetap merasa dihargai privasinya.

Demikian bunda tips agar bunda memiliki hubungan yang erat dengan anak gadis bunda. Saat anak-anak bunda beranjak remaja, peran bunda sangatlah ia butuhkan unutuk menjadi sahabat terbaiknya. Sehingga, ia bisa terbuka dan menceritakan apa saja pada bunda tanpa sungkan atau ragu. Ketika bunda dan anak gadis bunda sedang mengobrol asyik bersama, jangan lupa sisipkan Lapis Malang yang bisa menambah keakraban keluarga. Lapis Malang bisa didapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Giant Sawojajar Lantai 2

 

 

Leave a reply