Semakin lama teknologi berkembang semakin pesat ya bunda dan keberadaan video game menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak. Selain menjadi hiburan, bermain game juga bisa dijadikan hobi. Akan tetapi, terkadang keberadaan video game menjadi kekhawatiran sendiri bagi para orang tua. Pasalnya, dengan bermain video game anak-anak akan mengurangi waktunya untuk bermain di dunia luar dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Walaupun begitu, bunda tidak seharusnya selalu melarang anak-anak untuk bermain video game. Ternyata dengan video game juga mendatangkan berbagai manfaat untuk anak-anak loh bunda. Berikut ini manfaat bermain game untuk buah hati bunda.

Meningkatkan Daya Konsentrasi

Mostarski.ba

Siapa sangka ternyata bermain game bisa bemanfaat untuk meningkatkan daya konsesntrasi anak loh bunda. Jika bunda dan sang suami di rumah bisa memfasilitasi dan mencermati media bermain game, seperti video game atau play station, secara tidak langsung bunda dan suami juga membantu meningkatkan daya konsentrasinya. Dengan begitu, kedepannya si kecil akan bisa berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu saat ia tumbuh kembang.

Meningkatkan Sistem Motorik

pinterest.com

Ada beberapa game yang membutuhkan berbagai macam gerakan. Pada umumnya, banyak game yang mengandalkan gerakan tangan agar permainan bisa terkontrol dengan baik. Pergerakan tangan ini membutuhkan kerjasama yang tepat, yaitu kerja sama pikiran dan juga mata, sehingga kemampuan motorik buah hati bunda akan terasah dengan baik.

Mengasah Kemampuan Menyelesaikan Masalah

ericjuneaubooks.com

Biasanya pemainan di video game menyajikan beberapa problematika atau misi-misi khusus yang harus di selesaikan. Seperti mario bross yang harus mengalahkan para monster untuk menyelamatkan sang putri, Star Craft yang mengharuskan membangun desa. Football Manager yang memiliki misi membangun, memperluas, dan meningkatkan skill bermain sepak bola dan lain sebagainya. Dengan misi-misi yang disajikan, manfaat bermain game juga bisa membantu  anak-anak untuk mengasah kemampuannya menyelesaikan masalah, meredam konflik, dan membuat strategi dalam menghadapi berbagai rintangan.

Membuat Anak Lebih Kritis

livestrong.com

Umumnya, orang tua memiliki kekhawatiran jika buah hatinya meniru perbuatan-perbuatan yang tidak baik dari game yang dia mainkan ya bunda. Akan tetapi, jika bunda bisa memilihkan jenis game yang tepat, hal tersbeut tidak akan  pernah terjadi. Sebenarnya, banyak game yang menawarkan tema-tema yang berkaitan dengan evaluasi permasalahan dan juga analisisnya. Game-game dengan genre tersebut pastinya bisa berdampak positif untuk sang anak. Dia akan belajar untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda sekaligus bisa belajar untuk berfikir  kritis.

Memperluas Interaksi Sosial

istockphoto.com

Banyak orang tua yang menganggap jika dengan bermain game, anak-anaknya bisa kecanduan dan tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Sebenarnya, bermain game bisa membangun sebuah interaksi dengan baik saat sang anak bermain bersama temannya. Selain itu, anak-anak juga bisa selektif dalam memilih teman di ruang lingkup pergaulannya. Dia akan lebih selektif lagi seperti saat bermain game dan memilih tokoh tertentu yang akan dimainkan.

 

Demikian bunda lima manfaat bermain game untuk anak. Sebenarnya bermain game tidak selalu berdampak buruk loh. Disini bunda juga bisa berperan untuk memilihkan game yang tepat untuknya. Saat buah hati bunda bermain game di rumah bersama temannya dan membutuhkan camilan, bunda bisa menyajikan Lapis Malang yang lezat dan terjangkau. Lapis Malang bisa didapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply