Awal tahun Indonesia masih dilanda musim hujan ya bunda. Nah di musim ini pun, bunda harus menjaga kesehatan si kecil dengan ekstra. Akan tetapi memasuki usia balita, rasa penasaran dan juga jiwa eksplorasinya semakin tinggi. Bahkan saat hujan turun, belum tentu ia mau main di dalam rumah. Rintik hujan di luar mungkin justru mengundang si Kecil yang penasaran untuk bermain. Sebenarnya tidak ada salahnya loh bunmembiarkannya bermain hujan-hujan. Karena bermain hujan-hujanan punya manfaat untuk tumbuh kembangnya. Simak ulasan manfaat-manfaatnya yuk.

Melatih Daya Tahan Tubuh

pixabay.com

Ternyata bermain hujan-hujanan bisa bermanfaat untuk melatih daya tahan tubuh si kecil loh bunda. Oleh karena itu, perlu sesekali bunda memperbolehkan si kecil untuk bermain hujan. Berubahnya suhu secara drastis karaena hujan bisa membuat tubuh si kecil belajar beradaptasi. Suatu saat nanti, tubuhnya akan lebih mudah beradaptasi dari suhu udara normal ke suhu udara lebih rendah. Dan juga dari suhu rendah ke suhu tinggi.

Melatih Keterampilan

pixabay.com

Keterampilan motorik dan juga keseimbangan tubuh si kecil bisa terlatih dari bermain hujan-hujanan nih bunda. Saat hujan, ia harus menapak jalanan yang licin. Selain itu, ia juga harus berhati-hati mengatur langkah, supaya tidak terpeleset dan jatuh, dan menghindari genangan air yang lebih dalam. Aktivitas-aktivitas tersebut bisa melatih ketangkasan dan juga melatih keseimbangannya.

Belajar Berkomitmen

pixabay.com

Walaupun bunda mengizinkan si kecil untuk bermain hujan, bunda tetap harus mengingatkannya supaya tidak bermain berlama-lama. Karena ketika tubuhnya basah dan juga kedinginan, ia akan rentan sakit. Jadi, mintalah si kecil berjanji untuk tidak bermain di luar rumah saat hujan berlama-lama. Dengan memberikan pengertian tentang kesehatannya, ia akan belajar untuk berkomitmen bun. Untuk mengajarinya tentang batasan waktu bermain, setellah waktu di alarm hp misalnya selama 12 menit, jika alarm berbunyi ia akan tahu jika saatnya selesai bermain.

Belajar Mencintai Alam

pixabay.com

Bermain di luar rumah saat hujan turun, bisa membuat buah hati bunda merasa gembira. Ia juga merasa lebih dekat dengan alam di sekitarnya ketika mendengar rintik hujan dan juga bermain genangan air. Jika bunda memperbolehkan si kecil bermain di tengah-tengah hujan, bunda juga mendukungnya untuk belajar mencintai alam di sekitarnya.

Nah itu tadi bunda manfaat bermain hujan untuk tumbuh kembang si kecil. Setelah bermain hujan dan membersihkan dirinya, pastinya si kecil merasa lapar ya bunda. Yuk berikan camilan lezat dengan topping menarik, apalagi kalau bukan Lapis Malang. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Tumenggung Suryo No. 76 A
  7. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  8. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  9. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  10. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  11. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  12. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing

 

 

Leave a reply