Setiap pertumbuhan sang buah hati pastinya merupakan momen yang selalu ditunggu oleh orang tua ya bunda. Salah satunya adalah tumbuh gigi. Saat giginya tumbuh, biasanya si kecil akan lebih mudah rewel dari biasanya. Hal tersebut disebabkan oleh bengkak pada gusinya dan ia merasa kesakitan. Gejala-gejala tumbuh gigi biasanya muncul antara tiga sampai enam hari sebelum gigi muncul dari dalam gusi. Berikut ini tanda-tanda si kecil mulai tumbuh gigi yang wajib bunda kenali.

Produksi Air Liur Yang berlebih

bayi ngiler
sumber : mumjunction.com

 

Saat giginya mulai tumbuh, si kecil akan memproduksi air liur yang jauh lebih banyak dari hari-hari biasanya. Jika sang buah hati mengalami hal ini, jangan lupa siapkan tisu steril untuk mengusap air liurnya ya bun. Atau supaya lebih praktis, kenakan si kecil celemek khusus bayi yang mudah menyerap air. Semakin lama dan seiring bertambahnya usianya, ia akan semakin lihai unruk mengendalikan air liur yang ada di dalam mulutnya.

Gusi Bengkak

bayi rewel
sumber : pixabay.com

Wajar bagi si kecil jika gusinya mulai memerah dan membengkak ketika giginya akan tumbuh. Jika keberadaan gusi bengkak masih bisa bunda jangkau, berikan pijatan ringan pada gusinya dengan jari bunda. Tapi jari bunda harus dalam keadaan bersih ya. Atau bunda bisa juga memijat gusinya yang bengkak dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi air dengan. Biasanya, pijatan ini akan membantunya merasa lebih nyaman.

Suka Menggigit

sumber : newkidscenter.com

Saat giginya mulai tumbuh, si kecil akan sering menggigit benda-benda yang ada di sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh tekanan dari gusi bengkak yang sangat tidak nyaman. Jika bunda masih menyusui dan si kecil mulai menggigit puting, coba perhatikan dengan seksama saat rahangnya mulai menegang sebelum ia menggigit. Saat hal ini terjadi, segeralah menyelipkan jari bunda di antara gusi-gusinya melalui ujung bibirnya ya bun. Jangan lupa juga untuk mengingatkan si kecil bahwa tidak seharusnya ia menggigit. Tetapi jika si kecil mulai mengigiti benda di sekitarnya, misalnya ranjang tidurnya, lapisi benda tersebut dengan kain lembut dan bisa menyerap air.

Menggaruk Pipi

sumber : whatmomslove.com

Saatnya giginya akan tumbuh, si kecil akan mulai menggaruk pipinya. Hal ini dia lakukan karena gusinya terasa gatal dan tidak nyaman, dan dia tidak bisa menjangkau bagian gusi yang gatal itu. Supaya pipinya tidak terluka, pastikan jika kuku dan tangan si kecil senantiasa dalam keadaan bersih ya bun. Agar perhatiannya terlaihkan, berikan ia teether. Bentuk teether yang melingkar serta mudah digenggam tentu sangat memudahkan si kecil untuk menggunakannya

Tidak Nafsu Makan

tidak nafsu makan
sumber : 123tahun.com

Karena mulutnya terasa tidak nyaman, otomatis si kecil akan kehilangan nafsu makannya. Sebagai alternatif berikan ia finger food yang bisa ia konsumsi sendiri, misalnya buah-buahan. Buah-buahan segar dengan manis alami pasti memberikan manfaat lebih baik dan tetap akan membuat si kecil merasa senang saat memakannya kok. Bunda bisa coba dengan apel bila masih bingung mencari alternatif makanannya.

Memasukkkan Tangan Ke Dalam Mulut

sumber : pixabay.com

Selain mengigit benda-benda di sekitarnya, si kecil juga akan sering memasukkan tangan ke dalam mulutnya. Hal ini bertujuan uuntuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman pada bagian gusinya. Supaya si kecil terhindar dari bakteri atau kuman, pastikan tangan, mainan, dan benda-benda di sekitarnya yang memungkinkan untuk dia pegang selalu dalam keadaan bersih ya bunda.

Di satu sisi masa-masa si kecil tumbuh tinggi memang sangat ditunggu oleh orang tua, namun di sisi lain rasa tidak nyaman mereka juga membuat Bunda dan suami cemas. Melakukan konsultasi dengan dokter mungkin bisa jadi cara terbaik bila trik lain masih belum meredakan rewelnya ya Bunda. Dan kalau gigi sang buah hati telah tumbuh dengan sempurna dan lengkap, boleh loh ajakin untuk mencicipi Lapis Malang. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply