Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan  pada masakan Indonesia. Memiliki aroma yang kuat saat keadaan mentah memang tak disukai beberapa orang ya, Bun. Namun jika telah diolah dalam masakan, bawang merah dapat meningkatkan citarasa dan aroma makanan.  Selain itu bawang merah juga kaya akan nutrisi ya Bunda sehingga baik untuk kesehatan si kecil dan keluarga di rumah. Bahkan aneka penyakit serius bisa Bunda cegah dengan mengonsumsi bawang merah, loh! Contohnya kangker. Karena bawang merah kaya akan antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit kanger. Nah, apa aja sih manfaat bawang merah selain mencegah penyakit kangker? Disimak yuk, Bun!

Menurunkan Risiko Kangker

freepik.com

Bawang merah ternyata memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan risiko kangker. Ekstrak bawang merah mengandung senyawa quercetin, yang mampu membunuh sel kangker 3-4 kali lebih ampuh dari ekstrak bawang yang lain. Termasuk sebagai tumbuhan allium. Bukan hanya itu loh Bunda, kandungan etil asetat juga dapat memperlambat pertumbuhan sel kangker. Komponen antiinflamasi yang dimiliki bawang merah juga banyak digunakan dalam pengobatan kanker.

Membantu Pengobatan Diabetes

freepik.com

Kandungan flavonoid dalam bawang merah membantu mengobati berbagai penyakit loh salah satunya adalah diabetes. Tahukah Bunda bahwa beberapa penelitian juga telah menemukan efek positif bawang merah terhadap insulin. Dengan mengonsumsi bawang merah juga membantu untuk menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. Sebab kandungan didalamnya dapat mencegah pemecahan insulin pada hati. Nah, kondisi inilah yang dapat meningkatkan jumlah insulin dalam darah dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh ya, Bun.

Mencegah Obesitas

freepik.com

Selain sebagai pelezat makanan ataupun bumbu dapur, siapa sangka jika bawang merah bisa mencegah obesitas loh, Bun! Ekstrak etit asetat dalam bawang merah dapat menekan akumulasi lemak dalam tubuh sehingga memperkecil potensi obesitas.  Antioksidan dalam bawang merah juga dapat meningkatkan metabolisme. Metaboliesme yang bekerja optimal dapat berkonstribusi pada pengaturan berat badan dan kesehatan yang optimal. Nah, jangan sampai si kecil mengalami obesitas ya, Bunda.

Mencegah Penyakit Jantung

freepik.com

Antioksidan yang tinggi di dalam bawang merah menjadikan bumbu dapur yang satu ini baik untuk kesehatan jantung. Kandungan itu bernama allicin dan quercetin yang memiliki sifat antihipertensi. Bawang merah juga dapat menghambat produksi enzim tertentu, yang membuat kolestrol dalam tubuh.  Komponen dalam bawang merah ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah yang lebih lancar untuk kesehatan jantung. Nah, Bunda jangan ragu lagi untuk memberikan bawang merah sebagai pelengkap makanan ya karena baik untuk kesehatan si kecil dan keluarga.

Sudah tau kan Bunda apa saja kandungan bawang merah yang bermanfaat untuk kesehatan. Yang paling populer adalah untuk mencegah kangker. Nah, karena itu jangan ragu lagi ya untuk mengonsumsi bawang merah sebagai pelengkap dalam bumbu masakan atau memanfaatkannya untuk obat tradisional. Yuk, Bunda jaga kesehatan si kecil dan keluarga menggunakan bawang merah.

Leave a reply