Usia balita adalah usia gemar bermain ya bunda, di masa tersebut terkadang si kecil lebih tertarik terhadap mainannya dari pada makanan yang bunda berikan. Kalau sudah begini pasti bisa membuat bunda resah ya, gimana tidak tumbuh kembang si kecil bisa terhambat akibat ia susah makan.

Untuk mengatasinya, memang diperlukan trik khusus nih bunda supaya nafsu makan si kecil bisa bertambah. Langsung simak tips berikut yuk:

Beri Asupan Makanan Sesuai Usianya

hellosehat.com

Setiap anak membutuhkan kalori yang berbeda-beda loh bunda, tergantung dengan usia, jenis kelamin, serta kondisi kesehatannya. Nah sebagai orang tua, bunda harus bisa memperkirakan asupan kalori untuk si kecil, agar tidak kurang dari kebutuhannya. Beri porsi yang cukup bukan berlebih, jika si kecil merasa kurang ia boleh minta tambah.

Berikan Menu Bervariasi Agar Tidak Bosan

rsisultanagung.co.id

Si kecil bisa merasa bosan loh bun, jika bunda sering memberikan menu makanan yang sama. Yuk berikan menu makanan untuknya yang bervariasi, semakin bervariasi, kebutuhan nutrisinya juga semakin terpenuhi. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan sajian makanan dengan tampilan yang menarik ya bun. Misalnya, menghias makanan seperti karakter kartun favoritnya. Wah si kecil pasti doyan makan deh dengan trik ini.

Buat Jadwal Makan yang Rutin Setiap Hari

sciencedaily.com

Jadwal makan yang rutin setiap harinya, bisa menolong bunda jika si kecil susah makan loh. Jadi jangan ragu lagi untuk membuat jadwal makannya setiap hari ya bunda. Hal ini juga bisa berdampak baik terhadap pola makannya sampai ketika ia beranjak dewasa.

Beri Camilan yang Enak dan Sehat

jummakids.com

Supaya si kecil tidak lagi susah makan, bunda bisa mengakalinya dengan camilan enak yang menyehatkan. Dan camilannya juga bisa bunda buat di rumah loh, contohnya seperti pudding,sereal,  sop buah, atau es krim.

Beri Makan Lebih Sering Dalam Sehari

tipsperawatancantik.com

Jika si kecil memang susah makan, jangan berikan ia makanan dalam jumlah banyak ya bun. Sebaiknya bunda memberikan ia porsi makan dalam jumlah sedikit tapi yang sering. Hal ini juga bisa diterapkan jika si kecil merasa cepat bosan dengan makanannya. Berikan ia porsi makan yang kecil, kemudian dua hingga tiga jam berikutnya beri ia makanan dengan menu baru.

Nah itu dia bunda trik-trik khusus mengatasi si kecil yang susah makan. Memang dibutuhkan ketelatenan dari bunda agar trik-trik tersebut berhasil. Setelah melakukan trik-trik diatas, bolehlah bunda bersantai sambil menikmati Lapis Malang. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

 

 

Leave a reply