Tantrum adalah situasi yang wajar terjadi pada si kecil. Biasanya akan dialami anak berusia 1-3 tahun dengan waktu yang berbeda-beda pada setiap anak ya Bunda. Kesulitan dalam mengekspresikan perasaan juga dapat menjadi alasan si kecil untuk menjadi tantrum. Fase tantrum akan membuat si kecil ngambek, menangis, marah, bahkan berteriak sampai berguling-guling di lantai lantaran keinginannya tidak terpenuhi. Hal biasanya jika si kecil tantrum di rumah, namun bagaimana jika terjadi di tempat umum? Apa yang sebaiknya dilakukan jika si kecil alami tantrum di tempat umum? Jangan panik, atasi dengan hal ini ya Bunda!

Pahami Perasaan Si Kecil

freepik.com

 

Tidak ada yang salah dengan tantrum yang terjadi pada si kecil. Hanya saja Bunda harus mencoba mengerti perasaan si kecil ya. Karena terkadang tantrum merupakan cara yang dibutuhkan anak untuk mengeluarkan perasaannya.  Selain itu tantrum juga membantu si kecil untuk belajar mengekspresikan perasaan sekaligus mengontrol diri. Namun Bunda dan keluarga juga harus memastikan bahwa tantrum tidak membahayakan si kecil ya!

Tetap Konsisten

freepik.com

 

Yakinlah jika di saat di rumah Bunda dapat mengatasi tantrum si kecil maka Bunda juga bisa menanganinya di tempat umum. Tetap tenang, ambil nafas dan jangan sampai berteriak atau membentak si kecil untuk diam ya. Tetap fokus menjaga kesabaran dan tak mendengarkan jeritan si kecil. Jika Bunda tidak bisa mengatasi permintaan si kecil maka di masa mendatang ini akan menjadi senjata si kecil untuk mendapatkan apa yang mereka mau.

Tetap Tenang Dan Sabar

freepik.com 

Sering sekali terjadi si kecil berteriak dan menangis di pusat perbelanjaan dan pastinya akan membuat panik ya. Adakalanya merasa binggung harus berbuat apa, marah dan balik berteriak atau hanya diam. Berteriak atau memarahi si kecil akan membuat dia semakin frustasi maka usahakan tetap tenang dan bertindak biasa ya Bun. Peluk atau tawarkan si kecil untuk duduk, buat dia merasa tenang.  Jika anak bisa tenang dalam waktu singkat, berikanlah dia hadiah kecil agar si kecil tetap ingat bahwa tidak perlu tantrum untuk meminta sesuatu.

Abaikan Reaksi Orang Lain

freepik.com

Kebanyakan orangtua merasa malu jika si kecil menjerit, menangis, bahkan menjerit di tempat umum. Bahkan tak sedikit orangtua yang terpancing untuk marah dan memberikan apa yang diinginkan si kecil dengan harapan masalah akan segera selesai. Hal tersebut dikarenakan banyak tatapan tajam dari orang sekitar yang melihat bahkan mencibir anak yang sedang tantrum. Padahal yang perlu kita lakukan hanyalah jangan menghiraukan anggapan orang lain. Bunda dan keluarga cukup menggendong si kecil dan mengajaknya pergi dari keramaian. Duduk dan bicaralah kepada si kecil beberapa menit hingga si kecil berhenti menangis.

Nah, berikut adalah tips yang bisa Bunda dan keluarga gunakan untuk mengatasi si kecil tantrum saat berada di tempat umum. Jangan panik lagi ya Bun tetap tenang dan sabar mengatasinya. Jika Bunda membutuhkan camilan untuk si kecil bisa menggunakan Lapis Malang, karena aman dan sehat untuk si kecil.

Bunda bisa mendaparkan Lapis Malang di :

  1. Jl.Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341-2996-153)
  2. Jl.Kawi Atas No. 43 C (0341-5075 879)
  3. Jl. Danau Toba E4A-13 Kav.2 Sawojajar Malang (0341-723 782)
  4. Jl Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1, Singosari. (0341-3042 593)
  5. Jl.Raya Wendit No. 3
  6. Jl.Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji.
  7. Jl.Diponegoro 171 C, Batu
  8. Jl.Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl.Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl.S. Supriadi 1A, Sukun

Leave a reply