Setiap orangtua tentu menginginkan buah hatinya dapat rukun dan saling menyayangi. Namun, pada kenyataannya banyak orangtua yang bahkan kewalahan untuk menghadapi si kecil yang sering bertengkar. Melihat si kecil dan kakaknya akur dan rukun sangatlah menyenangkan. Salah satunya melihat mereka bermain bersama, makan bersama, mengerjakan pekerjaan rumah bersama, bahkan nonton televisi bersama. Walaupun hidup dan dibesarkan di lingkungan yang rukun, namun pasti Bunda sering menemukan mereka saling pukul dan diantara sudah menangis kenyang karena bertengkar dan berebut mainan. Nah, untuk menghadapi sang kakak dan adik bertengkar, lakukan hal ini ya Bunda!

Pehatikan Situasi

freepik.com

Saat si kakak dan adik bertengkar awasi dan perhatikan apa yang membuat mereka bertengkar ya Bunda. Jangan langsung bergegas melerai sang buah hati. Karena tidak semua pertengkaran akan berakhir dengan sesuatu yang buruk seperti saling memukul, menjambak, bahkan menggigit. Terkadang Bunda hanya perlu memberi kesempatan pada mereka untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Cegah Si Kecil Berkata Kasar

freepik.com

 

Saat mereka bertengkar terkadang adu mulut pun tak terelakkan, ia bahkan bisa mengejek satu sama lain dengan kata yang kasar. Dengan berkata kasar maka akan tidak baik dan memperkeruh suasana dan membuat amarah si kecil semakin bergejolak. Ketika hal ini terjadi Bunda dan keluarga harus fokus pada perasaan si kecil dan jangan membandingkannya apalagi menegurnya dengan perkataan yang keras dan kasar. Tenangkan si kecil dengan kata-kata yang lembut agar si kecil bisa merasa lebih baik dan tenang.

Lerai Si Kecil Jika Mulai Memukul

freepik.com

 

Jika Bunda dan keluarga mendapati si kecil bertengkar dan mulai menyerang fisik seperti memukul atau mencubit maka inilah saatnya memisahkan salah satunya dari ruangan tersebut. Biarkanlah mereka berada dalam ruang yang berbeda hingga mereka merasa tenang. Setelah amarah mereda jangan bertanya apa yang membuat mereka bertengkar namun justru buat anak saling memaafkan satu sama lain.  Bukan sesuatu hal yang mudah untuk menghadapi anak-anak yang bertengkar, namun cara Bunda dan keluarga menghadapinya dapat berimbas pada perilaku si kecil di masa depan. Maka berilah contoh yang baik dalam menyelasaikan dan menghadapi berbagai permasalahan.

Nah berikut tips menghadapi si kecil yang suka bertengkar ya Bunda. Jangan pernah menghakimi atau memarahi si kecil. Namun berikan penjelasan yang tepat dan upayakan agar mereka saling memaafkan satu sama lain. Dan jika Bunda membutuhkan camilan untuk si kecil, Bunda bisa memberikan Lapis Malang.

Bunda bisa mendaparkan Lapis Malang di :

  1. Jl.Soekarno Hatta 30 Kav 5
  2. Jl.Kawi Atas No. 43 C
  3. Jl. Danau Toba E4A-13 Kav.2 Sawojajar Malang
  4. Jl Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1, Singosari.
  5. Jl.Raya Wendit No. 3
  6. Jl.Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji.
  7. Jl.Diponegoro 171 C, Batu
  8. Jl.Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl.Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl.S. Supriadi 1A, Sukun

Leave a reply