Dewasa ini membacakan dongeng untuk sang buah hati sebelum tidur, semakin ditinggalkan ya bunda. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang semakin berkembang. Padahal sebenarnya membaca dongeng untuk anak memiliki banyak manfaat. Diantaranya, bisa mempererat hubungan orang tua dan anak, menambah wawasan untuk anak. Selain itu meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak, dan masih banyak lagi. Berikut ini ada beberapa rekomendasi dongeng yang bisa bunda ceritakan kepada sang buah hati, yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Malin Kundang

penuliscilik.com

Cerita ini sangat melegenda ya bunda. Bagaimana tidak, kisah ini menceritakan tentang seorang anak yang durhaka kepada ibu kandungnya. Lewat cerita Malin Kundang, bunda bisa mengajarkan si kecil, tentang betapa pentingnya menghargai orang tua. Selain itu kisah Malin Kundang juga memiliki pesan moral agar kita tetap menjadi orang yang rendah hati ketika sudah menjadi orang sukses.

Bawang merah Bawang Putih

dongengterbaru.blogspot.com

Cerita anak yang tinggal bersama ibu tiri dan juga saudara tiri ini juga sangat populer. Pastinya cerita ini pernah menjadi bagian kisah masa kecil bunda kan? Moral yang bisa didapat dari kisah ini adalah, sebisa mungkin kita, anak-anak bersikap baik kepada orang lain. Walaupun mendapatkan hal yang tidak menyenangkan. Selain itu, kisah ini juga mengajak anak-anak untuk menjadi pribadi yang baik agar disayang oleh banyak orang.

Cinderella

travel.tribunnews.com

Walaupun tidak berasal dari Indonesia, namun dongeng ini sangat legendaris nih bunda. Melalui kisah Cinderella ini, bunda bisa mengajarkan kepada si kecil bahwa setiap orang yang berhati mulia akan mendapatkan kebahagiaan nantinya. Selain itu ketika menghadapi masalah dan cobaan, kita juga harus tetap sabar dan tidak mudah putus asa.

 

 

Kura-kura yang Sombong

dongengceritarakyat.com

“Alkisah, ada seekor kura-kura yang sombong dan merasa dirinya lebih pantas terbang dibandingkan berenang di perairan. Ia jengkel karena memiliki tempurung keras yang membuat tubuhnya terasa berat. Ia pun kesal melihat kawan-kawannya sudah berpuas diri dengan berenang. Saat melihat burung yang bebas terbang di langit, kejengkelannya kian bertambah.

Suatu hari, kura-kura ini memaksa seekor angsa untuk membantunya terbang. Si angsa setuju. Ia mengusulkan agar si kura-kura berpegangan pada sebatang kayu yang akan diangkatnya. Karena tangan kura-kura agak lemah, ia menggunakan mulutnya yang lebih kuat. Ia pun akhirnya bisa terbang dan merasa bangga. Melihat teman-temannya yang tengah berenang, ia ingin menyombongkan diri. Ia lupa bahwa mulutnya harus terus dipakai untuk menggigit kayu. Ia pun terjatuh dengan keras. Beruntung, ia selamat berkat tempurung yang pernah dibencinya.

Pesan moral yang bisa bunda ajarkan dari kisah ini adalah, selalu bersikap rendah hati. Karena kesombongan bisa mendatangkan masalah.

Kancil dan Buaya

merdeka.com

Ada cerita, di sebuah hutan, hiduplah sekelompok buaya yang sudah lama ingin merasakan nikmatnya daging kancil. Salah satu dari mereka pun berusaha mengikuti kancil untuk mengetahui aktivitasnya. Suatu hari, kancil hendak pulang setelah mencari makan. Namun ia terkejut melihat buaya tiba-tiba muncul menghadangnya saat akan menyeberang sungai. Mengetahui ia hendak dijadikan santapan, ia pun berusaha mencari akal untuk melarikan diri.

Kancil lalu berkata bahwa ia sebenarnya ingin menyerahkan diri. Namun ia ragu apakah dagingnya cukup untuk semua buaya yang ada. Ia lalu meminta semua buaya di sungai untuk berkumpul dan berbaris agar ia bisa menghitung jumlah mereka. Buaya-buaya itu mengikuti perintah kancil. Mereka pun berbaris dengan rapi hingga membentuk formasi yang menyerupai jembatan. Dengan cekatan, si kancil melompati satu per satu punggung buaya sambil berhitung. Tak disangka, ternyata sampai di tepi sungai ia langsung melarikan diri. Para buaya pun kesal karena tertipu oleh kecerdikan kancil.

Kisah ini berasal dari Indonesia loh bunda. Melalui dongeng ini, bunda bisa mengajarkan kepada sang buah hati, jika kecerdasan selalu bisa mengalahkan kekuatan. Dari sini, si kecil akan termotivasi untuk terus belajar dan memperluas wawasannya.

Demikan bunda rekomendasi dongeng yang bisa bunda ceritakan kepada si kecil. Kira-kira bunda mau membacakan kisah yang mana nih malam ini?

 

Leave a reply