Memiliki anak yang super aktif merupakan hal yang menyenangkan sekaligus tantangan ya bunda. Ada banyak sekali jenis tantangan yang harus dihadapi, misalnya ketika mengajaknya ke tempat yang baru. Pada saat inilah anak-anak akan menjadi gelisah dan kemudian mereka cenderung menjadi lebih aktif daripada biasanya. Jika buah hati Bunda mulai menunjukkan tanda-tanda seperti tersebut, yuk coba mengatasinya dengan cara di bawah ini:

Cari Tahu Penyebabnya

vemale.com

Langkah pertama yang sebaiknya bunda lakukan adalah mencari tahu hal-hal apa saja yang menyebabkan si kecil lebih aktif dari biasanya. Bisa jadi si kecil menjadi hiperaktif karena merasa tidak nyaman dan gelisah. oleh karena itu sebaiknya bunda selalu mengamati gerak-gerik si kecil. Apa benar dia merasa tidak nyaman, gelisah atau mungkin ada alasan lainnya. Setelah itu bunda bisa mencari cara agar mereka merasa aman dan nyaman.

Berikan Penjelasan

vemale.com

Anak-anak juga pasti memiliki rasa ingin tahu yang besar yang harus bisa dijawab oleh orang tua.  Dan di sini peran orang tua adalah memberikan penjelasan sebaik mungkin pada anak, tentunya dengan menggunakan bahasa yang mudah ia mengerti. Selalu ikuti dan jawab setiap pertanyaan buah hati bunda, sampai ia merasa puas dan nyaman.

Tunjukkan Sikap Tegas

appletreebsd.com

Ketika si kecil sudah mulai aktif, jangan dimarahi ya bunda. Karena jika bunda marah, si kecil akan semakin aktif dan rewel. orang tua dilarang untuk memarahinya. Misalnya saja bila dia bersikap aktif saat berada di mall, coba Bunda dekati dia.  Sampaikan dengan lembut bahwa apa yang dia lakukan itu berlebihan dan bisa mengganggu lingkungan sekitar. Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi si kecil yang hiperaktif di tempat umum.

Jadi, jangan buru-buru memarahi si kecil ya saat dia mulai aktif di tempat umum yang baru. Bunda bisa kok mengajak sang buah hati bicara dari hati ke hati, dan Jangan lupa saat sedang melakukan quality time bersama anak di rumah, sediakan juga jajanan favorit sebagai teman bicara dari hati ke hati ya, seperti Lapis Malang. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

Leave a reply