Biasanya di musim hujan seperti sekarang anak-anak mudah terserang penyakit ya bunda. Hal tersebut disebabkan oleh daya tahan tubuh anak masih lemah dibandingkan orang dewasa. Selain itu udara lembab yang memudahkan virus dan bakteri tumbuh dan berkembang. Tentunya agar kesehatan si kecil tetap terjaga di musim hujan, dibutuhkan asupan nutrisi yang lengkap untuk tubuhnya. Berikut ini Lapis Malang punya rekomendasi makanan-makanan yang bisa bunda berikan kepada si kecil, agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi. Langsung simak yuk bun.

Madu

madu
sumber : pixabay.com

Madu yang terkenal akan proteinnya ini, bisa bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas loh bunda, baik orang dewasa, maupun anak-anak. Pemberian madu sangat dianjurkan diberikan untuk si kecil terutama saat musim hujan tiba. Selain membangun imunitas, madu juga bermanfaat untuk menjaga staminanya. Zat antibiotik yang terdapat dalam madu juga mampu melawan serangan berbagai penyakit. Misalnya demam, batuk, infeksi pernafasan dan juga infeksi lambung yang bisa menyerang si kecil saat musim hujan.

Jeruk

jeruk
sumber : pixabay.com

Seperti yang kita ketahui, bahwa buah yang segar ini kaya akan vitamin C yang dikandungnya. Vitamin C yang terdapat pada jeruk bisa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, pemberian jeruk pada musim hujan seperti saat ini sangat dianjurkan untuk si kecil loh bunda. Bunda bisa memberikan buah jeruk dengan mengolahnya menjadi jus, puding, minuman hangat, atau memberikannya langsung kepada si kecil. Dengan mengkonsumsi buah jeruk, bisa dipastikan si kecil akan terhindar dari penyakit flu, maupun penyakit pencernaan.

Susu Kedelai

susu kedelai
sumber : pixabay.com

Tahukah bunda jika susu kedelai kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan si kecil. Nutrisi yang dikandungnya antara lain adalah, protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin dan mineral. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa bermanfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak  menjadi sumber energi, dan juga menambah sistem imunitas. Susu kedelai sangat baik jika dikonsumsi di pagi hari. Jadi tambahkan susu kedelai sebagai menu tambahan sarapannya ya bunda.

Daging

sumber : pixabay.com

Daging merah memiliki kandungan zink yang sangat tinggi, dan kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Manfaat lainnya antara lain, bisa meningkatkan kesehatan mata, dan juga membantu pertumbuhan anak. Di musim hujan seperti saat ini, si kecil juga membutuhkan makanan yang mengandung zink loh bun. Yuk berikan makanan olahan daging, seperti oseng daging, tumis sayur plus daging, bakso kuah dan lain sebagainya.

Minyak Ikan

sumber : pixabay.com

Minyak ikan juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh buah hati bunda loh. Asam lemak omega 3 yang terdapat pada minyak ikan juga bermanfaat untuk memenuhi sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu si kecil juga akan terhindar dari berbagai penyakit saat musim hujan datang. Jangan lupa memilih ikan yang tidak mengandung merkuri yang tinggi ya bun, supaya bisa mengurangi resiko gangguan kesehatan pada si kecil.

Leave a reply