Biasanya di musim hujan seperti sekarang anak-anak mudah terserang penyakit ya bunda. Hal tersebut disebabkan oleh udara lembab yang memudahkan virus dan bakteri tumbuh dan berkembang. Dan penyakit-penyakit yang biasa menyerang anak saat musim hujan adalah flu, batuk, sesak nafas, masuk angin, sampai penyakit kulit. Supaya hal tersebut tidak sampai terjadi, yuk cegah virus penyakit datang dengan melakukan tips-tips berikut :

Atur Pola Makannya

pola makan sehat
sumber : muslimfamilia.com

Untuk memastikan daya tahan tubuh si kecil tetap terjaga, memastikan ia makan teratur saja sepertinya tidak cukup ya bunda. Pastikan menu makan si kecil bisa memenuhi gizi dan nutrisi yang dibutuhkannya. Berikan makanan sehat empat sehat lima sempurna sebagai menu makannya. Bunda bisa memberikan buah-buahan seperti mangga, jeruk, pisang, alpukat atau sayur-sayuran seperti bayam, sawi dan lain sebagainya. Oh ya, jangan lupa siapkan susu nutrisi untuknya juga ya bunda supaya lebih lengkap.

Berikan Vitamin dan Suplemen Tambahan

sumber : hellosehat.com

Setelah mengatur pola makannya dengan makanan yang kaya nutrisi, sebaiknya bunda juga memberikan vitamin dan juga suplemen tambahan supaya daya tahan tubuhnya semakin kuat. Vitamin yang paling ia butuhkan saat musim hujan seperti ini adalah vitamin C. Seperti yang kita ketahui vitamin C sangat ampuh mencegah penyakit influenza. Jika si kecil, susah makan, bunda juga bisa memberikan suplemen penambah nafsu makan.

Pastikan Pola Tidurnya Cukup

www.hellosehat.com

Ternyata kurang tidur bisa menyebabkan tubuh rentan terhadap macam-macam penyakit loh bunda. Supaya daya tahan tubuh si kecil kuat saat musim hujan melanda, pastikan ia pola tidurnya cukup selama 8 jam setiap harinya ya bun. Pastikan juga kamar dan tempat tidurnya bersih juga bun supaya tidurnya lebih berkualitas. Pilihlan bantal yang sesuai juga dengan postur tubuhnya.

Pakaikan Baju Hangat

pakaian hangat
sumber : pixabay.com

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan di musim hujan adalah pakaian. Jika buah hati bunda memiliki segudang aktivitas di luar rumah, jangan lupa kenakan ia pakaian yang tebal dan hangat ya bun, agar ia terlindungi dari udara dingin. Bunda bisa memilihkan pakaian dengan jenis wol, seperti jacket, sweater, atau syal. Selain itu saat ia tidur, jangan lupa memakaikannya selimut agar tubuhnya tetap hangat.

 

 

Biasakan Selalu Mencuci Tangan

sumber : pediatrichealthcarenw.com

Menjaga badan si kecil agar selalu bersih juga sangat penting loh bunda. Tanamkan budaya untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas. Bekali ia dengan hand sanitizer yang praktis dan bisa dia bawa kemanapun ia pergi. Jangan lupa ajarkan cara mencuci tangan yang baik dengan menggosok seluruh permukaan tangan mulai dari kuku, jari tangan, bagian depan dan juga belakang selama 30 detik dengan air mengalir.

Jaga Rumah Agar Tetap Bersih

sumber : rumahhokie.com

Langkah terakhir untuk menjaga kesehatan si kecil saat musim hujan adalah, dengan menjaga rumah agar tetap bersih. Jangan lupa bersihkan selokan dan tutup tempat penampungan air, karena kita nyamuk  sangat menyukai tempat-tempat kotor dan air yang menggenang. Ingatkan si kecil dan anggota keluarga yang lain untuk selalu mencuci tangan memakai sabun sehabis beraktivitas, selepas menggunakan toilet, dan sebelum makan.

Demikian bunda tips menjaga kesehatan si kecil di musim hujan. Cara-cara tersebut tidaklah sulit loh bun, malah mengobati si kecil yang sakitlah yang sulit. Yuk lakukan cara-cara diatas agar si kecil terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerangnya di musim hujan.

Jika si kecil bosan karena tidak bisa beraktivitas di luar rumah saat hujan turun, jangan lupa sediakan Lapis Malang di rumah yang memiliki berbagai macam varian serta topping menarik. Lapis Malang bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply