Semua anak pastilah sangat menyukai yang namanya mainan. Usia berapapun mereka, mulai dari balita sampai anak sekolah pasti akan tertarik jika disodorkan mainan di depannya. Namun tahukah Bunda, meski mainan bisa dibilang merupakan hal yang remeh temeh, tapi kegunaannya sangat besar lho. Banyak penelitian yang sudah menyebutkan bahwa mainan ini bisa sangat membantu dalam hal perkembangan anak. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat akan membelikan mainan untuk sang buah hati seperti di bawah ini.

Sesuaikan dengan usia si kecil

Bunda jangan kalap ya kalau berkunjung ke toko mainan. Jangan membeli mainan hanya karena lucu atau menarik saja. Karena tidak semua dari itu sesuai dengan usia sang buah hati. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli lihat dulu keterangan usia pada labelnya. Misalnya pilih mainan yang menimbulkan bunyi dan berwarna cerah untuk anak usia 3-6 bulan, atau mainan dengan tema binatang untuk bila buah hati sudah memasuki usia 1 tahun.

Perhatikan ukuran mainan

Gemes nggak sih kalau kita dihadapkan dengan banyak mainan lucu di depan kita? Eits, tapi lagi-lagi jangan mudah tergoda ya Bunda. Selain disesuaikan dengan usia anak, kita juga harus jeli dengan ukuran si mainan. Memang sih hal ini kelihatannya sepele, tapi cukup krusial lho Bunda. Menurut saran dari para pakar, mainan yang dipilih untuk anak haruslah berukuran cukup besar. Terutama untuk mereka yang usianya masih di bawah 3 tahun. Tujuannya tentu saja untuk menghindari resiko tertelan atau tersedak pada anak.

Cari tau apa bahannya

Kalau misal dari segi usia dan ukuran dirasa sudah oke, coba pastikan juga bahan dasar dari mainan tersebut. Usahakan untuk tidak memberikan anak mainan dengan tepian tajam serta berat. Karena kedua hal tadi tentu akan membuat si kecil merasa tidak jaman saat memainkannya. Mainan yang bertekstur keras juga kurang baik jika akan diberikan untuk anak yang usianya masih di bawah 6 bulan. Pastikan juga mainan yang Bunda beli tidak mengandung bahan kimia berbahaya ya.

Pilih yang mudah dicuci dan hindari tali panjang

Hal lain yang tak kalah penting wajib diperhatikan saat memilih mainan untuk buah hati tercinta adalah bisa tidaknya benda tersebut dicuci. Penting sekali untuk Bunda membeli mainan anak yang bisa dicuci agar bakteri serta kuman yang menempel bisa hilang. Karena yang namanya anak kecil kan sepertinya cenderung menjilat-jilat mainannya. Dan juga hindari mainan yang memiliki pita, benang, maupun tali dengan panjang lebih dari 30 cm. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi resiko anak terlilit.

Memang susah-susah gampang yah Bunda kalau kita mau memilihkan mainan terbaik untuk anak. Karena perihal mainan itu sangatlah penting untuk perkembangan anak, tentu Bunda tidak boleh salah pilih. Maka dari itu setiap akan membelikan mainan baru untuk anak, perhatikan dulu empat hal di atas agar anak senang dan Bunda tenang deh.

 

Leave a reply