Kota Malang atau lebih sering disebut Ngalam adalah kota terbesar kedua di Pulau Jawa setelah  Bandung. Pastinya sudah tau kan dimana letak kota Malang? Yup, kota yang istimewa ini terletak di Provinsi Jawa Timur dan tepatnya 90 km sebelah selatan Surabaya.

Buat kamu yang pernah datang ke Malang, pastinya pengen balik lagi kan? Malang emang ngangenin sih. Beberapa hal istimewa dari kota Malang ini bikin kita nyesel kenapa gak terlahir dan jadi warga Malang aja.

  1. Hawanya Yang Dingin

Dikelilingi beberapa Gunung, seperti Gunung Bromo,Gunung Semeru, Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Panderman, dan Gunung Kawi menjadikan kota Malang berhawa dingin dan nyaman un tuk ditinggali.Yang lebih unik, hawa kota Malang menjadi lebih dingin di bulan Agustus-September, dimana musim mahasiswa baru berdatangan.

sumber : http://ilovemalang.net
  1. Kota Pelajar

Banyaknya Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta, tarnsportasi yang mudah dijangkau, dan biaya hidup yang murah, menjadikan Kota Malang punya banyak mahasiswa rantau yang terdiri dari berbagai wilayah. Gak heran kalau Kota Malang dijuluki Kota Pelajar.

sumber : https://www.vebma.com/
  1. Bumi Arema

Siapapun pasti mengenal Arema. Klub sepakbola Indonesia ini terkenal dengan prestasi  pendukungnya yang fanatik, yang biasa disebut Aremania dan Aremanita. Kalau kita baru memasuki Kota Malang, atribut-atribut arema pasti bisa kita jumpai dimana-mana. Seperti spanduk, poster,  patung singa yang ikonik sampai kaos team yang dipakai.

sumber : https://sportourism.id/
  1. Wisatanya Yang Eksotis

Kalau soal wisata, Kota Malang emang juaranya. Gimana enggak, Malang punya potensi wisata yang lengkap. Mau wisata ke gunung, pantai, air terjun, water park sampai theme park semuanya ada di Malang.

sumber : https://ksmtour.com/
  1. Bahasa Walikan

Salah satu hal yang jadi kebanggan arek Malang adalah bahasa walikan. Konon, bahasa walikan ini mulai populer sejak zaman penjajahan. Biasanya, kata-kata yang dibalik adalah yang dikategorikan mudah diucapkan. Misalnya, Baksi menjadi Oskab, Lumayan menjadi Nayamul, Kamu menjadi Umak.

sumber : https://www.brilio.net/
  1. Kulinernya Yang Menggoda

Kota Malang juga dikenal akan kulinernya yang memanjakan lidah. Mulai dari kuliner tradisional seperti bakso dan cwie mie sampai kulinernya yang modern. Salah satu kuliner modernnya yang lagi hits adalah Lapis Malang. Kue lapis kekinian ini juga bisa dijadikan buah tangan loh, harganya yang terjangkau menjadikan Lapis Malang kuliner yang wajib dicobain.

Varian Lapis Malang

Gimana, jadi makin kangen kan sama Kota Malang? Cukup disini dulu ya nostalgia tentang istimewanya Kota Malang. Luangakan waktu buat kembali ke Kota Malang yuk, rasa kangen emang harus terobati kan?

 

Leave a reply