Saat demam, biasanya suhu badan meningkat, badan lemas, dan juga nafsu makan menurun. Hal ini juga bisa dialami oleh si kecil yang terkena demam loh bun. Sebagai orang tua, bunda kita harus bisa menyiasati agar si kecil mau makan dan makanan yang diberikan haruslah yang bergizi supaya ia cepat sembuh. Berikut ini Lapis Malang punya rekomendasi makanan-makanan bergizi yang ampuh meredakan demam buah hati bunda.

Semangka

Watermelon, Sweet, Juicy, Fruit, Melon, Ripe, Red
sumber : pixabay.com

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang banyak. Bagaimana tidak, hampir 91 persen buah segar ini mengandung air. Ketika suhu tubuh meningkat, tubuh juga akan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu bunda bisa memberikan buah semangka kepada si kecil saat ia demam. Kandungan vitamin B6, karbohidrat dan juga kalium pada semangka juga ampuh menurunkan demam.

Pisang

lifestyle.okezone.com

Siapa sangka ternyata buah pisang punya banyak manfaat untuk kesehatan loh bunda.Manfaat yang dimiliki salah satunya adalah sebagai penurun panas. Kalium dan cairan yang hilang saat demam, akan tergantikan oleh kandungan nutrisi yang dimiliki pisang. Jadi, tidak ada salahnya memberikan si kecil buah pisang sebagai makanan yang ampuh meredakan demam. Tapi pemberiannya jangan terlalu banyak ya bunda.

Oatmeal

fivehearthome.com

Saat si kecil demam, makanan yang ia butuhkan adalah jenis makanan lunak agar ia bisa mengunyahnya dengan mudah. Bunda bisa memberikannya oatmeal, yang kaya akan magnesium, fosfor, vitamin B1, dan juga protein. Nutrisi-nutrisi tersebut berkhasiat untuk memproduksi energi dari dalam tubuh. Supaya lebih bervariasi, buatkan si kecil oatmeal dengan campuran buah jeruk atau cherry supaya energinya bisa lebih meningkat.

Air Kelapa

India Coconut, Fruit, Fresh, Healthy, Tropical Fruit
sumber : pixabay.com

Kandungan yang dimiliki air kelapa antara lain, vitamin C, polastium dan elektroit yang bermanfaat untuk menggantikan cairan dalam tubuh saat demam. Air kelapa bisa menjadi salah satu minuman alternatif pereda demam saat si kecil demam. Vitamin C yang ada pada air kelapa juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil loh bunda. Yuk janganragu memberikan air kelapa saat si kecil terkena demam.

Sup Ayam

Chicken Soup, Ginseng, Korea, Asia, Cooking, Food
sumber : pixabay.com

Banyak orang yang bilang bahwa ayam memiliki khasiay anti inflamasi yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Dan kaldu ayam memiliki nutrisi yang sangat baik dikonsumsi ketika tubuh tidak sehat. Sebagai makanan pereda demam, bunda bisa memberikan sup ayam sebagai menu makan si kecil.

Smoothies

sumber : vemale.com

Bunda bisa membuat smoothies sebagai minumam pereda demam buah hati bunda. Misalnya banana smoothies, strawberry smoothies, avocado smoothies, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencampurkan yogurt yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil ya bunda.

Jeruk

Orange, Citrus Fruit, Fruit, Healthy, Vitamin C, Fresh
sumber : pixabay.com

Buah segar yang kaya akan vitamin C ini, sangat tepat jika bunda berikan kepada si kecil saat ia sedang demam. Vitamin C yang dikandung buah jeruk bisa bermanfaat untuk membantu tubuh si kecil terhidrasi kembali. Selain itu, kandungan gula yang dimiliki jeruk dapat memberikan energi untuk si kecil.

 

Leave a reply