Memiliki bayi tentu menjadi hal yang luar biasa menyenangkan sekaligus menantang, terutapa bagi para orang tua pemula yak. Ada banyak sekali jenis tantangan yang harus dihadapi, termasuk salah satunya ketika harus menidurkan si kecil di malam hari. Pasalnya nggak jarang seorang bayi akan terus terbangun di malam hari, tentunya dengan kondisi yang beragam. Bila Bunda saat ini sedang mengalami masalah serupa, yuk coba praktekkan tips di bawah ini agar si kecil bisa tertidur pulas malam ini.

Perbanyak kegiatan di siang hari

kid boy and mother playing together with cup toys

Saat si kecil sudah banyak melakukan kegiatan di siang hari, tentu tidak akan terlalu sulit untuknya tidur nyenyak ketika malam tiba, mengingat fisiknya yang mulai lelah. Maka dari itu coba Bunda tambah porsi kegiatan sang buah hati di siang hari, mulai dari bermain ataupun bernyanyi bersama. Namun satu hal yang juga mesti diingat untuk tidak mengganggu kebiasaan tidur siangnya ya. Jadi aktivitas menyenangkan bersama bisa coba Bunda lakukan sebelum atau sesudah si kecil tidur siang.

Berikan jadwal tidur

Di usia si kecil tentu dia belum begitu paham tentang jadwal tidur ya. Oleh karena itu coba Bunda berikan ritme tidur yang rutin dan konsisten untuknya. Biasakan mengajak anak ke tempat tidur sesaat sebelum jam tidurnya tiba agar dia bisa bersiap-siap. Dan jadwal tidur itu harus benar-benar dipatuhi ya, Bunda. Jangan sampai membiarkan si kecil tidur larut hanya karena harus menunggu orang tuanya selesai beraktivitas.

Jangan tidur dalam keadaan perut kosong

Rasa lapar adalah salah satu alasan si kecil terbangun di malam hari. Oleh karena itu berikan dia ASI saat akan tidur. Dan Bunda juga harus memastikan bahwa ruang tidurnya masih dalam suasana pencahayaan yang temaram. Hal ini guna membuat bayi mengerti bahwa saat itu adalah waktunya tidur, bukan bermain-main dengan Bunda.

Berikan suasana nyaman

Hal lain yang kerap membuat bayi kerap terbangun di malam hari adalah ketika dia merasa tidak nyaman. Entah itu karena jauh dari sang ibu atau popoknya telah penuh. Oleh karena itu, sebelum tidur pastikan bahwa apa yang dikenakan si kecil dan suasana kamar tidurnya nyaman. Dan juga, Bunda harus tetap disampingnya agar sang buah hati tak merasa cemas.

Nah itu tadi 4 tips yang bisa Bunda praktekkan bila si kecil kerap terbangun di malam hari. Namun sebelum itu ada baiknya Bunda mencari tahun mengapa kira-kira sang buah hati bertingkah demikian. Ada beberapa penyebab anak sering terbangun di malam hari, diantaranya merasa lapar dan haus, tidur terlalu awal, mengompol, sakit, tumbuh gigi, ataupun jauh dari ibu. Kalau saat si kecil sudah tidur namun Bunda masih harus menunggu suami, coba selingi dengan ngemil. Camilan yang bisa Bunda coba salah satunya tentu saja Lapis Malang. Penganan ini bisa Bunda dapatkan di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

Leave a reply