Kebanyakan orang berfikir jika tugas seorang ayah hanya menjadi kepala keluarga dan tugas untuk mengasuh anak hanya ditujukan kepada ibu saja. Pemikiran tersebut kurang tepat loh bunda, keterlibatan ayah dalam mengurus si kecil sangat dibutuhkan dalam membantu tumbuh kembangnya, seperti perkembangan fisik, emosi, dan sosial. Selain itu banyak manfaat yang diberikan jika si kecil sering menghabiskan waktu bersama sang ayah, simak manfaat-manfaatnya berikut ini yuk.

Emosi yang Stabil

ibuhamil.com

Ayah adalah partner bermain yang seru untuk sang anak. Bagaimana tidak, ayah bisa membuat suasana bermain lebih ceria dan mengasyikkan. Hal ini bisa berpengaruh terhadap si kecil dalam menunjukkan emosinya loh bun, dan juga berpengaruh terhadap kecerdasan emosinya. Selain itu, sosok ayah juga berpengaruh terhadap perkembangan mental si kecil, contohnya bagaimana si kecil menghadapi permasalahan saat ia tumbuh dewasa.

Disiplin

jatengpos.com

Ayah mampu memberikan pelajaran tentang kedisiplinan kepada anak dibandingkan dengan seorang ibu. Hal itu disebabkan karena ayah lebih tegas dalam menegakkan kedisiplinan, contohnya seperti ayah tidak segan memberikan hukuman jika sang anak tidak mau mengikuti aturan yang ada. Disini bunda perlu memngingatkan ayah agar tidak terlalu tegas dalam mendidik si kecil, bunda bisa meminta ayah menjadi sosok yang hangat namun disiplin di depan buah hatinya.

Berani Sekaligus Bertanggungjawab

istockphoto.com

Biasanya bunda lebih memikirkan resiko yang akan dihadapi si kecil saat bermain, oleh karena itu bunda mudah khawatir dan terlalu berhati-hati dengannya. Beda dengan sang ayah, ayah lebih senang mengambil resiko dan menghadapi tantangan yang ada saat mengajak si kecil bermain. Contohnya mengajaknya bermain di luar rumah, mencoba hal-hal baru yang penuh tantangan, dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan seorang ayah agar buah hatinya tumbuh menjadi anak yang pemberani dan bertanggungjawab.

Si Kecil Memiliki IQ Lebih Tinggi

merdeka.com

Ternyata bermain dan berinteraksi bersama sang ayah dapat membantu meningkatkan kecerdasan si kecil loh bun. Hubungan yang baik antara ayah dan anak dapat memicu si kecil menjadi sosok yang lebih percaya diri dan terus bermotivasi untuk mengeksplorasi sesuatu. Ayah yang ikut andil dalam pengasuhan anak, akan membuat anak lebih siap dalam menghadapi segala sesuatu sebelum ia masuk sekolah. Hal ini juga memicu nilai IQ yang lebih tinggi serta kemampuannya dalam pemecahan masalah.

Nah itu tadi bunda manfaat-manfaat yang bisa didapatkan si kecil jika dia sering menghabiskan waktu dengan ayah tercinta. Supaya kebersamaan mereka semakin akrab, boleh yuk berikan Lapis Malang sebagai camilannya. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

 

 

Leave a reply