Pernah mendengar pernyataan bahwa buku adalah jendela dunia? Membaca bisa jadi pengalaman yang menyenangkan bagi orangtua dan anaknya loh Bunda. Tidak hanya sebagai bounding terhadap anak, namun membaca dapat membantu mengembangkan ketrampilan berkomunikasi, berbahasa, serta membuat anak lebih kreatif. Dengan membaca secara rutin sejak dini dapat melatih perkembangan otak si kecil, bahkan dengan mendengarkan cerita yang dibacakan bisa membawa perubahan positif pada perkembangan kognitifnya. Membaca bisa menjadi stimulasi yang merangsang otak si kecil untuk melakukan pemahaman saat sedang berkomunikasi dengan orang lain.  Oleh karena itu jangan remehkan membaca buku ya, ini loh manfaatnya untuk otak si kecil, Bunda!

Meningkatkan Ikatan Antara Orangtua dan Anak

freepik.com

 

Terkadang orangtua terlalu sibuk bekerja dan lelah dengan kegiatannya. Dan melewatkan moment spesial bersama anaknya. Kondisi ini membuat si kecil merasa kesepian dan kurang perhatian. Nah untuk mencegah itu semua Bunda dan keluarga bisa menyediakan waktu untuk bersama si kecil seperti membaca buku bersama untuk meningkatkan ikatan diantara orangtua dan anak. Bukan hanya membangun ikatan , membaca juga jadi cara orangtua untuk mengajari anak berbagai pengetahuan, informasi, dan aspek-aspek kehidupan yang ada di dalam buku yang mereka baca loh.

Meningkatkan Kemampuan Otak dan Mental Anak

 

freepik.com

Membaca buku untuk anak memberikan banyak manfaat loh Bunda. Dengan membaca akan memberikan pengaruh positif pada otak anak yang sedang berkembang. Bahkan membacakan buku cerita sejak dalam kandungan pun berpengaruh kepada perkembangannya.  Buku yang terdiri dari rangkaian kata, angka, gambar, elemen lain yang mampu mengembangkan keterampilan anak dalam berpikir ini mampu mempengaruhi bagaimana cara mereka berkomunikasi, memecahkan masalah, menulis, bahkan memperoleh pengalaman.

Mendukung masa depan

freepik.com

 

Dengan menemani anak membaca buku dan membiasakannnya membaca buku sejak dini akan melatih otak anak untuk berpikir ya Bunda. Anak yang terbiasa membaca akan lebih terarah dengan keinginan atau cita-citanya di masa depan. Mereka juga akan akan terpacu untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal-hal yang mereka sukai. Menginjak usia remaja, mereka bisa dengan fokus masa depannya ya Bunda. Mulai menggeluti , mencari tahu, bahkan mempraktikkan hal-hal apa saja yang mereka cita-citakan.

Nah, sudah paham kan Bunda manfaat membaca untuk si kecil. Dengan membiasakan membaca sejak dini akan membuat si kecil lebih terarah untuk masa depannya ya Bunda. Jadi jangan lupa luangkan waktu bersama si kecil ya untuk membaca buku bersama. Dan jika Bunda membutuhkan camilan untuk menemani aktifitas bersama si kecil. Bunda bisa memberi Lapis Malang ya.

Bunda bisa mendaparkan Lapis Malang di :

  1. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341-2996-153)
  2. Kawi Atas No. 43 C (0341-5075 879)
  3. Danau Toba E4A-13 Kav.2 Sawojajar Malang (0341-723 782)
  4. Jl Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1, Singosari. (0341-3042 593)
  5. Raya Wendit No. 3
  6. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji.
  7. Diponegoro 171 C, Batu
  8. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. S. Supriadi 1A, Sukun

 

Leave a reply