Anak-anak dan kotor sepertinya sudah menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan bahkan sering menjadi sumber kebingungan dalam sebuah keluarga muda ya. Gimana nggak bingung ya Bunda, semua orang tua di keluarga mana pun pasti menginginkan buah hati mereka nampak bersih. Pasalnya kebersihan itu dinilai dapat membawa dampak baik bagi kesehatan anak. Hal tersebut tentu tidak salah. Tapi tahukah Bunda bahwa ternyata bermain kotor juga memiliki manfaat loh untuk si buah hati. Dan berikut ada 5 alasan kenapa anak malah dianjurkan bermain kotor menurut ahli imunologi, Mary Ruebush.

Membuat anak tenang

Saat membiarkan anak bermain kotor, mungkin anggota keluarga yang lain akan berpikir bahwa kita malah mendekarkan sang buah hati dengan berbagai macam parasite dalam kotoran tersebut. padahal menurut Marry, bermain kotor secara tidak langsung akan mengeluarkan hormon serotonin dalam otak. Hormon inilah yang bisa membuat si kecil merasa tenang atau rileks, mengurangi kecemasan, serta meningkatkan moodnya.

Bakteri ‘baik’ dalam kotoran

Bila anak sedang bermain di lumpur atau di tempat kotor lain tentu ada noda-noda yang akan menempel pada baju serta kulitnya. Jika sudah demikian, Bunda dan keluarga nggak perlu khawatir apalagi sampai panik untuk membersihkannya. Karena nih ternyata kotoran yang menempel pada kulit mengandung bakteri yang dapat membantu penyembuhan luka gores bahkan tumit pecah-pecah. Mungkin ini juga alasan mengapa banyak orang dewasa gemar mencoba masker lumpur untuk kulit mereka.

Meningkatkan sistem imun

Kalau yang satu ini sepertinya sudah sering kita dengar ya, Bunda. Ternyata memang benar, bahwa saat si kecil sudah terbiasa bersentuhan dengan hal-hal kotor, sistem imunnya akan memberi respon serta membentuk antibodi. Hal itulah yang kemudian bisa menjaga sistem kekebalan tubuh sang buah hati saat suatu hari nanti dia kembali terpapar virus maupun bakteri. Nah penting nih untuk dijelaskan pada keluarga, Bunda.

Mengurangi resiko sakit jantung

Senang bermain kotor saat kecil ternyata dapat bermanfaat bagi sei kecil saat menginjak dewasa. Bila seseorang sejak kecil sudah terbiasa bersentuhan dengan segala kuman, bahkan kotoran hewan peliharaan ternyata dapat mengurangi resikonya terserang gangguan jantung saat dewasa nanti. Bila keluarga Bunda memiliki hewan peliharaan di rumah, boleh loh sekalian mengajari anak merawatnya sampai dengan tahap membersihkan kotorannya.

Terhindar dari alergi

Tak hanya memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah resiko terserang gangguan jantung, bermain kotor sejak kecil dapat membuat si kecil terhindar dari alergi. Menurut Mary, anak yang sering dicegah keluarganya untuk bermain kotor dan bersentuhan dengan bakteri, virus, serta parasite justru memiliki resiko lebih tinggi terkena alergi yang salah satunya adalah asma.

Nah gimana Bunda, membiarkan anak bermain kotor ternyata memiliki beberapa manfaat yang justru baik untuk si kecil ya. Meskipun nantinya kita harus kerja ekstra membersihkan bajunya dari aneka noda, tapi yang penting buah hati bahagia. Setelah anak lelah bermain, jangan lupa suguhkan camilan aman untuk dia ya. Salah satunya apalagi kalau bukan Lapis Malang. Camilan yang jadi favorit banyak keluarga ini bisa didapatkan di salah satu outletmya Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang. Anak suka, Bunda lega, keluarga bahagia!

Leave a reply