Pasti bahagia rasanya ya Bunda saat kita mengikuti perkembangan si kecil dari hari ke hari. Mulai dari saat dia mulai mengucapkan kata pertama ataupun mungkin merangkak. Yang pasti semua fase perkembangan tersbeut sangat penting untuk dialami oleh sang buah hati ya. Dan ngomong-ngomong soal penting tidaknya fase perkembangan tersbeut, kali ini Lapis Malang mau berbagi informasi seputar pentingnya fase merangkak untuk seorang bayi. Yuk kita baca ulasannya di bawah ini.

Melatih keseimbangan

Saat sang buah hati mulai merangkak, tentu akan ada waktu di mana dia terlihat beristirahat dengan duduk sejenak. Nah saat inilah si kecil akan berlatih cara menyeimbangkan tubuhnya dari posisi merangkak, kemudian duduk, dan langsung merangkak kembali. Hal ini juga secara tidak langsung akan membuat anak mengenali batas dirinya. Dia akan mengetahu kapan tubuhnya mulai lelah dan harus istirahat dari merangkak dan kapan dia harus mencoba kembali.

Melatih kekuatan fisik

Tentu Bunda sudah mengerti ya bahwa saat merangkak, si kecil secara otomatis akan menggunakan tangan dan kakinya untuk menumpu bagian badannya. Saat merangkak juga, sang buah hati akan melakukan berbagai gerakan yang melibatkan banyak bagian tubuh, meski tumpuan utama tetap tangan serta kaki. Otot-otot di sekitar tangan dan kaki akan terlatih menahan beban sehingga dapat membuatnya lebih kuat. Anak Bunda tercinta secara tidak langsung juga akan mulai belajar mengenali fungsi tangan dan kakinya saat berlatih merangkak.

Mengasah otak

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa saat merangkak, otak bagian kanan dan kiri si kecil akan terlatih untuk memiliki koordinasi yang baik. Gerakan serta ritme tubuh ketika sang buah hati merangkak juga akan membuat sisi otak kanan serta kirinya saling berinteraksi. Dan kemudian kerjasama antar sel bisa membantu meningkatkan koordinasi serta membangun kecerdasan sang buah hati. Interaksi antar sel otak juga nantinya berguna untuk membangun kekuatan mental dan juga kepercayaan diri anak.

Melatih penglihatan

Nyangka nggak bund kalau ternyata merangkak juga membantu bayi dalam mempertajam penglihatannya lho. Saat merangkak, seorang anak pandangannya secara otomatis akan lurus ke depan dan juga semakin tajam. Tak hanya itu, kemampuan fokus anak dalam melihat sebuah benda juga akan terlatih ketika dia mulai belajar merangkak. Dan hal ini dalam jangka waktu yang panjang akan sangat membantu si kecil dalam keterampilan mengemudi dan lainnya.

Meningkatkan kemampuan bahasa

Ini nih, merangkak ternyata juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa seorang anak. Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa ketika merangkak, si kecil akan mengalami pengingkatan perbendaharaan kata. Hal ini dikarenakan selama merangkak, anak tersebut akan menemukan banyak hal baru dan juga pengalaman baru. Coba deh Bunda perhatikan saat si anak mulai merangkak, dia cenderung akan banyak mengoceh yang kemudian hal itu membantu perkembangan kemampuan bahasanya.

Gimana Bunda? Ternyata fase merangkak ini memang sangat penting ya. Tidak hanya dalam rangka untuk menyeimbangkan diri, tapi juga untuk meningkatkan penglihatan sampai kemampuan bahasa. Jadi, jangan lewatkan setiap fase perkembangan sang buah hati ya Bunda. Dan juga jangan pernah lewatkan kelezatan Lapis Malang untuk mendampingi hari-hari berkumpul bersama keluarga.

Leave a reply