Banyak yang beranggapan jika anak tunggal memiliki sifat manja dan sulit bersosialisasi ya bunda. Padahal sifat yang dimiliki setiap anak, tergantung pola asuh orang tuanya loh bun. Jika orang tuanya menanamkan sifat disiplin, mandiri, dan dermawan sedari dini kepada buah hatinya, maka anggapan tersebut bisa ditepis. Apabila bunda memiliki anak tunggal, berikut tips mendidik anak tunggal agar ia tumbuh menjadi anak mandiri dan juga tangguh.

Berikan Tanggung Jawab

merapikan tempat tidur
sumber : apppletreebsd.com

Memiliki buah hati satu-satunya, bukan berarti bunda harus memanjakannya. Sebaiknya, bunda memberikan tugas kepadanya supaya ia memiliki tanggung jawab. Misalnya tugas rutin setiap pagi merapikan tempat tidurnya, dan malam hari menyiapkan keperluan sekolah untuk keeseokan harinya. Ketika si kecil telah menyelesaikan tugas-tugas tersebut, jangan lupa mengucapkan terimakasih ya bunda sebagai ungkapan apresiasi bunda kepadanya.

Biarkan Dia Bersosisalisasi

bersosialisasi
sumber : review.bukalapak.com

Biasanya anak tunggal memiliki sikap tidak mudah terbuka, oleh karena itu, bantulah ia agar tidak menutup dirinya. Biarkan ia kesempatan untuk bergaul dengan teman-teman sebayanya. Bunda juga bisa mengajaknya silaturahmi ke rumah teman bunda yang juga memiliki anak yang usianya sama dengan si kecil. Setelah itu, bunda bisa menjadwalkan kunjungan ke tempat yang berbeda setiap seminggu sekali. Dengan demikian, bisa menjadi pribadi yang mudah bergaul dan ramah.

Jangan Terlalu Melindunginya

sumber : kangsoal.blogspot.com

Wajar sekali jika sebagai orang tua selalu memberikan perhatian lebih untuk buah hatinya. Misalnya ketika si kecil belajar naik tangga di taman bermain, bunda selalu berusaha menjaganya agar ia tidak sampai terjatuh. Saat ia tidak sengaja terbentur, atau terjatuh bunda pasti akan buru-buru datang untuk menyelamatkannya. Jika hal tersebut sering terjadi, maka si kecil tidak akan bisa menjadi anak yang tangguh. Oleh karena itu jangan terlalu melindunginya ya bun.

 

Biarkan Dia Mengeksplorasi Kemampuannya

anak mengeksploarasi kemampuan
sumber : pixabay.com

Biasanya orang tua yang memiliki anak tunggal, cenderung protektif dan suka mengatur. Padahal sikap seperti ini tidak baik untuk tumbuh kembanya loh bunda. Biarkan ia mengeksplorasi kemampuan dengan bermain bersama teman-temannya. Izinkan ia melakukan hal-hal yang selama itu bermanfaat dan bunda bisa mengawasinya dengan wajar. Apabila bunda terlalu mengekangnya, rasa percaya dirinya akan mudah hilang dan terlalu bergantung pada orang-orang sekitarnya loh bun.

Tanamkan Budaya Berbagi dan Peduli dengan Sesama

berbagi
sumber : republica.co.id

Mendidik anak tunggal memang bukan hal yang mudah ya bunda. Apalagi jika si kecil terbiasa mendapatkan apapun yang ia inginkan tanpa harus berbagi dengan orang lain. Hal tersebut bisa membuat si kecil tumbuh menjadi anak dengan karakter egois. Bunda bisa mencegah hal tersebut dengan mengajarkannya pedeuli dengan orang lain sejak dini. Misalnya mengajarkannya untuk mengisi kotak amal di masjid, atau beramal untuk korban bencana alam.

 

 

Menjadi Sahabat Untuknya

menjadi sahabat anak
sumber : merries.co.id

Tidak bisa dipungkiri jika anak tunggal akan merasa kesepian dan ingin memiliki saudara kandung. Walaupun bunda selalu ada untuknya, terkadang ia tetap merasa kesepian. Akibatnya saat ia tumbuh dewasa, ia akan menutup diri dari lingkungannya. Sebelum terlambat, jadilah sahabatnya yang pertama. Bermainlah bersamanya dan ajak ia berkomunikasi selayaknya sahabatnya. Dengan cara ini ia tidak akan merasa sendirian.

Demikian bunda tips mendidik anak tunggal agar mandiri dan tangguh yang bisa bunda praktekkan. Jadikan si kecil sebagai kebangaan bunda dan juga suami. Sering-seringlah ajak ia berkomunikasi dan membuat quality time bersama agar ia tidak pernah merasa kesepian. Saat bunda dan suami meluangkan waktu untuk bersama si kecil, jangan lupa menyisipkan Lapis Malang yang bisa menambah kekompakan keluarga bunda. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply