Pernah nggak sih Bunda merasa kebingungan saat melihat munculnya ruam merah di kulit si kecil yang diikuti dengan rasa gatal? Untuk sebagian ibu baru tak jarang pasti merasa khawatir dan bingung bagaimana cara mengatasinya ya. Sebenarnya Bunda, ruam dan gatal pada kulit si kecil itu disebabkan oleh beberapa faktor loh. Dan tentu saja berbeda penyebab, maka beda juga cara penanganannya. Berikut ini ada 5 penyebab ruam dan gatal bayi serta cara mengatasinya agar Bunda tak salah langkah.

Eksim

(sumber foto: ummi-online.com)

Eksim adalah kondisi di mana bayi mengalami peradangan hebat yang nantinya menyebabkan pembentukan gelembung-gelembung kecil sampai pecah berisi air. Dan jika kondisi ini makin parah, bisa jadi akan muncul nanah serta kerak pada kulit si kecil. Salah satu penyebab eksim biasanya karena ada riwayat alergi dari keluarga,dan hal ini yang menyebabkan setiap bayi mengalami kondisi eksim berbeda. Untuk cara penanganannya, coba Bunda oleskan krim pelembab di kulit bayi agar tidak kering. Namun bila kondisi makin parah, mulailah berkonsultasi pada dokter untuk penanganan lanjutan.

Biang keringat

(sumber foto: SolusiSehatku.com)

Kalau yang satu ini sepertinya Bunda sudah mengerti ya. Biang keringat ini biasanya ditemukan di bagian punggung, pantat, leher, serta wajah si kecil. Ciri dari biang keringat sendiri adalah kulit kemerahan yang disertai munculnya gelembung kecil terasa gatal. Penyebabnya salah satunya adalah panasnya udara sekitar serta tingkah si kecil ketika sedang beraktivitas. Bila buah hati tercinta sedang mengalami kondisi biang keringat ini, coba Bunda kenakan dia pakaian longgar dengan bahan dasar katun yang mudah menyerap keringat.

Dermatitis kontak

(sumber foto: Mediaxplore.com)

Iritasi kulit ini biasanya kerap terjadi dikarenakan adanya paparan bahan penyebab reaksi alergi yang berasal dari sabun maupun detergen. Dermatitis kontak ini biasanya menyebabkan rasa gatal dan terbakar serta munculnya ruam besar. Cara menghindari yang pertama tentu saja dengan tidak menggunakan bahan penyebab iritasi. Selain itu, coba gunakan krim yang berbahan hidrokortison yang dipercaya bisa membantu mengurangi gatal serta kemerahan. Namun lagi, jika kondisi mulai parah, segera temui dokter ya Bunda.

Seborrhea

(sumber foto:.johnsonsbaby.co.id)

Seborrhea adalah jenis peradangan kulit yang kerap terjadi pada bayi usia di bawah 6 bulan. Peradangan ini biasanya terjadi pada bagian atas kulit dan nantinya menyebabkan kulit jadi bersisik. Seborrhea biasanya bisa ditemukan pada bagian wajah, kulit kepala, pipi, dada, serta belakang telinga. Ciri dari munculnya seborrhea cenderung ditandai dengan munculnya sisik kekuningan yang berkerak serta seperti ketombe. Gunakan pengobatan tradisional yang disertai minyak zaitun dan baby oil bila Bunda ingin menghilangkannya ya.

Intertrigo

(sumber foto: hellosehat.com)

Bila Bunda menemukan ruam merah pada lipatan tubuh si kecil yang biasanya terlihat di bagian perut, ketiak, serta paha dalam, kemungkinan sang buah hati mengalami kondisi intertrigo. Lipatan tersebut biasanya menyebabkan munculnya rasa gatal serta sakit jika terjadi gesekan loh Bunda. Adapun penyebab intertrigo ini adalah kelebihan lipatan pada si kecil serta kurangnya udara yang masuk ke sela tubuh anak dan kemudian bagian tersebut menjadi lembab. Untuk cara menghilangkannya, coba Bunda basuh lipatan-lipatan si kecil dengan air sebelum kemudian diangin-anginkan sebentar saja.

Nah itu dia Bunda lima kondisi yang kerap menyebabkan rasa gatal dan ruam pada kulit si kecil. Sekarang Bunda sudah lebih tahu dong ya apa perbedaan penyebab ruam dan gatal itu serta bagaimana cara mengatasinya. Jadi Bunda sudah nggak perlu bingung lagi. Saat si kecil sudah terbebas dari aneka ruam dan gatal, yuk kembali ajak dia bermain. Jangan lupa sertakan Lapis Malang untuk menemani waktu berkumpul keluarga ya Bunda. Camilan ini bisa Bunda dapatkan di salah satu outlet di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

 

Leave a reply