Banyak yang bilang kalau makanan sehat selalu identik dan berlabel dengan harga yang mahal ya bunda. Oleh karena  itu, banyak orang tua yang memilih makanan dengan nutrisi yang kurang dengan alasan harganya lebih terjangkau.  Padahal banyak sekali bahan makanan bergizi tinggi yang bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar tradisional. Berikut ini Lapis Malang punya beberapa rekomendasi bahan makanan bergizi tinggi untuk si kecil yang bisa bunda dapatkan dengan mudah.

Bayam

pixabay.com

Sayuran hijau yang sangat sehat ini mengandung protein, vitamin, mineral dan juga zat besi loh bunda. Selain itu bayam juga mengandung kalori yang rendah. Bunda bisa mendapatkan sayuran ini dengan mudah di pasaran dan juga tukang sayur loh. Sebagai menu makan untuk si kecil bunda bisa mengolah bayam menjadi sayur bening, sup, tumis, bahan campuran omelet dan sebagainya.

Tempe

jadiBerita.com

Tempe adalah makanan asli Indonesia yang sangat populer, baik di negeri sendiri maupun di negeri orang. Makanan hasil fermentasi kedelali ini, kaya akan protein loh bunda. Selain protein, tempe juga mengandung vitamin, karbohidrat, mineral dan juga kalsium. Tentunya kandungan-kandungan ini sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

Daun Singkong

pixabay.com

Sayuran ini sangat populer dan mudah sekali bunda dapatkan. Daun salah satu umbi ini kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya nih bunda. Misalnya karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B17 dan juga lemak baik. Eh tapi selain nutrisi-nutrisi itu masih ada nutrisi menyehatkan yang lainnya, yaitu zat besi kalsium, mineral dan juga fosfor. Manfaat yang bisa diberikan dari daun singkong adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga menyehatkan mata. Sebagai tipsnya, pilihlah daun singkong muda agar ketika selesai diolah, teksturnya tidak terlalu kasar.

Kangkung

palembang.tribunnews.com

Nutrisi yang dikandung oleh kangkung antara lain, vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan juga antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel nih bunda. Selain dua vitamin A kangkung juga mengandung Vitamin D dan Vitamin C terbaik bagi tubuh. Sebagai antioksidan alami dan juga berfungsi mencegah anemia. Sebai menu makan sang buah hati, bunda bisa mengolahnya menjadi tumis manis yang lezat.

Ikan Lele

pixabay.com

Salah satu ikan air tawar ini seringkali menjadi lauk makan ya bunda. Rasanya yang lezat banyak disukai banyak kalangan, mulai anak-anak sampai orang dewasa. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi loh bunda. Omega-3 berfungsi membantu melawan peradangan dan juga bisa membantu menurunkan resiko kanker. Walaupun tidak mengandung karbohidrat, lele kaya akakn kandungan vitamin B dan juga protein. Tentunya dua kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh buah hati bunda.

Demikian bunda 5 bahan makanan bergizi tinggi untuk kesehatan si kecil. Semoga bermanfaat ya dan jangan lupa selalu asupi kebutuhan nutrisi sang buah hati.

 

Leave a reply