MPASI merupakan makanan penunjang untuk melengkapi nutrisi dalam usaha mengotimalkan tumbuh kembang si kecil sejak usia 6 bulan. Menu MPASI 6 bulan sebaiknya berupa makanan bertekstur lunak atau cair. Hal ini dikarenakan bayi masih dalam tahap adaptasi dengan makanan baru selain ASI. Nah berikut ini Lapis Malang punya rekomendasi jenis-jenis buah yang paling cocok untuk MPASI pertama buah hati bunda.

Jeruk

food.detik.com

Buah jeruk terkenal akan citamin C yang dikandungnya, selain bisa dimakan langsung dan dijadikan minuman segar, buah jeruk juga bisa dijadikan MPASI loh bunda. Sebagai menu MPASI si kecil, bunda bisa memeras buahnya kemudian diambil sarinya. Buah segar ini memiliki manfaat memingkatkan sistem imun buah hati bunda, karena banyaknya kandungan yang didalamnya, seperti vitamin C, asam folat, vitamin A dan juga serat.

Pisang

momdadi.com

Pisang direkomendasikan sebagai MPASI karena teksturnya lembut dan lunak, yang pastinya bisa mudah ditelan dan dicerna oleh sang bayi. Nutrisi yang dimiliki buah pisang antara lain, vitamin A, folat, posfor, kalium, potassium, kalsium dan mineral penting lainnya. Buah yang sangat mudah didapatkan ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang buah hati bunda. Untuk MPASI, bunda bisa mengeruknya menggunakan sendok kecil atau memberikannya langsung kepada si kecil.

Apel

ibudanmama.com

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat menjadikan buah ini bisa digunakan sebagai MPASI pada 6 bulan pertama usia buah hati bunda. Kandungan gizi yang dimiliki buah apel sangat banyak loh bunda, misalnya vitamin A, vitamin C, posfor, kalsium, magnesium dan posfor. Sebagai menu MPASI si kecil, sebaiknya apel diberikan dalam bentuk puree supaya lebih mudah untuk dicerna oleh bayi. Caranya, potong apel kecil-kecil berukuran dadu dan kukus hingga lunak. Kemudian blender hingga benar-benar halus dan siap untuk diberikan.

Buah Pir

solusisehatku.com

Tak kalah dengan buah lainnya, buah pir juga mengandung banyak nutirisi untuk tumbuh kembang buah hati bunda. Nutrisi-nutiri tersebut antara lain, seperti vitamin C, kalium, kalsium, posfor dan juga magnesium. Sama seperti buah apel, untuk MPASI sebaiknya bunda mengolahnya dalam bentuk puree. Cara membuatnya sangat mudah loh bun, cukup potong buah pir dalam bentuk dadu, lalu kukus sampai benar-benar lunak. Kemudian, haluskan buah pir dengan blender hingga benar-benar memiliki tekstur lembut supaya lebih mudah dicerna.

Nah, demikian bunda jenis-jenis buah yang cocok untuk dijadikan MPASI pertama untuk buah hati bunda. Setelah memberikan MPASI kepada si kecil, boleh dong bunda bersantai sambil ngemil Lapis Malang. Kue lapis kekinian ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply