Anak adalah anugerah terindah bagi semua orang tua ya bunda, dan setiap orang tua pasti bermimpi memiliki anak hebat. Tentunya anak hebat, tidak murni bawaan dari lahir ya bunda, diperlukan cara-cara khusus agar buah hati bunda tumbuh menjadi anak hebat. Salah satu caranya adalah mengajarkan ia tentang life sklil. Life skills yang dimaksud adalah empati, kedisiplinan, berbagi, dan kemandirian. Nah berikut ini tata cara mengajari si kecil 4 life sklills tersebut bun.

Empati

sumber: padresyprofesores.com

Empati perlu diajarkan kepada si kecil agar ia bisa memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang lain. Langkah awal untuk mengajari si kecil tentang empati adalah dengan permainan membaca ekspresi wajah. Setelah cara ini sering bunda lakukan, selanjutnya bunda bisa mengajarkan si kecil untuk melihat sesuatu dai sudut pandang berbeda. Dan yang terpenting jangan lupa selalu dengarkan si kecil dengan sabar saat ia bercerita ya bun. Ketrampilan mendengarkan tanpa menjudge yang bunda tunjukkan padanya, adalah salah satu bentuk empati. Berikan tanggapan dengan cara merefleksikan perasaan si kecil saat itu ya bun.

Kedisiplinan

sumber: duniabelajaranak.id

Menerapkan kedisiplinan bisa dimulai dengan hal kecil bunda, misalnya dengan bangun pagi, merapikan tempat tidur, mengembalikan mainan pada tempatnya, gosok gigi sebelum tidur dan sebagainya. Contoh-contoh ini harus diterapkan secara konsisten ya bunda. Dan jangan lupa untuk selalu bersikap disiplin terhadap diri sendiri juga, karena si kecil membutuhkan panutan dari orang-orang terdekat. Kedisiplinan perlu diajarkan karena akan membantu si kecil untuk memiliki pola hidup yang teratur. Selain itu, saat ia beranjak dewasa nanti, menjadi sosok bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik.

Berbagi

sumber : learningcurveindia.co.in

Saling berbagi adalah salah satu aktivitas  yang mulia ya bunda. Berbagi juga melatih rasa kepedulian pada diri si kecil. Untuk mengajarinya berbagi sejak dini, bunda cukup mengenalkan konsep kepemilikan, mana benda miliknya dan mana benda milik orang lain. Berikan juga contoh kegiatan berbagi, misalnya memintanya ia membawa beberapa snack, lalu membagikannya kepada teman-temannya.

Kemandirian

sumber: hubpages.com

Selain mengajari si kecil untuk bertanggung jawab, kemandirian juga bisa membuat si kecil menyelesaikan masalahnya sendiri secara baik nantinya. Untuk mengajari si kecil tentang kemandirian, bunda  bisa menumbuhkan rasa kepercayaan pada dirinya. Jika ia sanggup melakukan sesuatu sendiri, berilah ia kesempatan untuk mencoba dan tidak memberinya batasan. Kepercayaan yang ia dapat, akan tingkat kemandiriannya terus teruji.

Untuk mengajari skill-skill kehidupan memang membutuhkan kesabaran dan juga ketelatenan ya bunda. Selain cara-cara diatas, jangan lupa untuk menyempatkan membuat quality time bersama si kecil. Saat bersamanya, bunda bisa saling bercerita dan berdiskusi. Jangan lupa menyisipkan Lapis Malang yang bisa menambah keakraban ya bun. Kue kekinian dengan harga ramah di kantong ini bisa bunda dapatkan di:

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply