Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membaca buku ya bunda. Selain untuk memperoleh pengetahuan, membaca juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan bahasa dan kapasitas analisis otak. Nah bunda bisa melakukan hal positif ini bersama si kecil loh, tentunya membuat si kecil rajin membaca ada beberapa caranya ya bun. Yuk langsung simak tips berikut untuk tips-tipsnya :

Ajak Dia Untuk Membaca Bersama

mamapapa.id

Ketika bunda memberikan buku untuk si kecil, jangan lupa bunda ikut membacakan isi buku tersebut ya. Supaya si kecil antusias, bunda bisa menceritakan isi buku semenarik mungkin, atau intonasi-intonasi nada pada karakter yang ada dalam buku. Dengan cara ini, si kecil akan menikmati kegiatan membaca dan merasa jika kegiatan membaca adalah kegiatan yang sangat menarik.

Bacakan Buku Sesuai Minat Si Kecil

muslimah.co.id

Sebaiknya bunda tidak memaksakan si kecil untuk membaca buku pengetahuan saja, tetapi berikan buku sesuai minatnya ya bunda. Misalnya buku tentang dongeng, hewan-hewan, tanaman, astronomi, atau yang lain sebagainya. Dengan cara ini,si kecil akan mengembangkan kebiasaan membaca mereka secara bertahap dan menerima buku sebagai bagian alami dari kehidupan mereka.

Beri Si Kecil Hadiah Setelah Dia Selesai Membaca

julioandrian.wordpress.com

Cara menyenangkan untuk menambah pengetahuan dan kebiasaan yang baik adalah dengan membaca. Bunda bisa membuat kegiatan membaca si kecil menjadi menyenangkan, dengan cara memberikan hadiah. Hadiah bisa berupa makanan penutup seperti pudding, brownies, atau bisa juga dengan mengajaknya jalan-jalan. Memberikan hadiah setelah ia selesai membaca bisa memotivasinya untuk rajin membaca loh bun, tetapi pemberian hadiah harus diatur ya bunda jangan sampai sering memberikannya hadiah.

Letakkan Buku Di Tempat Yang Mudah Dijangkau

aesieap.org

Salah satu upaya agar si kecil rajin membaca adalah dengan meletakkan buku di tempat yang mudah ia jangkau. Jika bunda meletakkan buku-buku di lemari pajangan dan si kecil sulit untuk menjangkaunya, hal tersbeut membuat si kecil enggan membaca. Tetapi sebaliknya jika bunda meletakkan koleksi buku-buku untuk si kecil di tempat yang mudah dijangkau, kemungkinan besar si kecil akan rajin membaca.

Nah itu dia bunda cara-cara agar si kecil rajin membaca. Memang butuh ketelatenan ya bun agar si kecil bisa rajin membaca. Setelah bunda mempraktekkan cara-cara di atas, bolehlah bunda bersantai sambil ngemil Lapis Malang. Kue lapis kekinian ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

 

 

Leave a reply