Usia balita adalah usia-usia dimana si kecil sangat gemar bermain. Dan ternyata bermain punya banyak manfaat loh bun untuk si kecil, selain sebagai media hiburan, bermain juga bermanfaat untuk membantu perkembangan motoriknya. Tapi kalau misalnya si kecil tidak mau membereskan mainannya tiap kali dia selesai bermain, bisa bikin kesal sendiri ya bun. Yuk ajari mereka belajar mandiri dengan cara berikut :

Menunjukkan Cara Membereskan Mainan

orami.co.id

Karena kemampuan komunikasi yang terbatas pada balita, membuatnya sulit memahani instruksi yang diberikan bunda untuk membereskan mainannya. Sebaiknya bunda menunjukkan padanya bagaimana cara membereskan mainannya, seperti meletakkan permainan lego di kotak mainannya, atau mengembalikan puzzle ke tempat semula. Jika jumlah mainan yang harus dibereskan terlalu banyak, berikan si kecil instruksi untuk membereskan mainan yang kecil-kecil terlebih dahulu.

Sediakan Kotak Menyimpan Mainan

inhabitat.com

Jika bunda menyediakan tempat menyimpan mainan di rumah, hal tersebut akan membantunya membereskan mainannya sendiri. Sediakan kotak mainan di pojok ruangan agar lebih memudahkannya dan juga si  kecil lebih asyik bermain di pojokan ruangan. Jika tidak ada kotak mainan, bunda bisa menyediakan kardus bekas dan jangan lupa berikan lubang untuk sirkulasi udara. Hal tersebut bisa bermanfaat untuk mencegah mainan si kecil terkena jamur.

Ubah Jadi Tugas yang Menyenangkan

newsclut.com

Jika membereskan mainan terasa berat bagi si kecil, bunda bisa mengubah tugas tersebut menjadi hal yang menyenangkan. Misalnya dengan memutar lagu anak favoritnya saat ia membereskan mainannya atau memberikan kotak mainan dengan berbagai macam bentuk dan warna sebagai media belajarnya. Dengan cara-cara ini membereskan mainan, tidak lagi terasa berat baginya.

Berikan Peringatan

themomsmeeting.com

Memberikan jangka waktu untuk membereskan mainan, bisa membuatnya cekatan untuk melakukannya. Bunda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan timer atau jam weker yang mengeluarkan suara lucu. Tapi yang perlu diingat, jangan sampai bunda membentaknya ketika ia tak mau membereskan mainannya ya bun. Si kecil bisa menjadi trauma dan tidak ingin membereskan mainannya sendiri nantinya.

Selain langkah-langkah yang disebutkan diatas, bunda juga perlu menjadikan kegiatan membereskan mainan sebagai rutinitas harian yang harus dilakukan si Kecil. Karena, semakin sering dia melakukannya, semakin mudah dan cepat pula Si Kecil membereskan mainannya.

Setelah bunda berhasil mempraktikkan cara-cara tersebut, bolehlah bunda bersantai sambil ngemilin Lapis Malang. Kue lapis kekinian dengan harga terjangkau ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

 

 

 

Leave a reply