Musim liburan biasanya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir semua anggota keluarga ya bunda. Pasalnya, pada musim liburan inilah bunda dan keluarga bisa menghabisakan waktu bersama-sama beberapa hari. Apalagi jika orang tua adalah pekerja kantoran dan jarang menghabiskan waktu bersama buah hatinya, liburan adalah waktu yang tepat untuk berquality time bersama. Nah, jika bunda berencana ingin liburan hemat bersama keluarga, sepertinya tips berikut cocok untuk bunda dan keluarga terapkan.

Tentukan Tema Liburan

pixabay.com

Sebelum menentukan destinasi liburan sebaiknya bunda dan keluarga menentukan ingin liburan dengan tema seperti apa. Misalnya bunda dan keluarha ingin berlibur ke pantai dengan suasana hangat, atau berlibur dengan nuansa sejuk di daerah pegunungan. Dengan menentukan tema liburan, bunda bisa memperkceil alternatif tempat yang akan bunda dan keluarga kunjungi saat liburan.

Survey Tujuan Wisata

pixabay.com

Setelah menentukan tema liburan yang akan bunda dan keluarga jalani, untuk liburan hemat, bunda bisa menentukan lokasi wisata yang akan dikunjungi. Siapkan beberapa alternatif tujuan wisata. Setelah itu, bunda bisa pilihan-pilihan tersebut menjadi pilihan tujuan wisata utama yang akan dikunjungi. Jangan lupa untuk menentukan tujuan wisata utama berdasarkan dari berbagai faktor, misalnya lokasi, fasilitas, dan sebagainya.

Pilih Destinasi Yang Tidak Terlalu Jauh

pixabay.com

Liburan hemat juga bisa dilakukan dengan memilih destinasi yang tak terlalu jauh. Kalau misal Bunda dan keluarga tinggal di daerah yang memiliki banyak tempat wisata seperti Malang, Jogja, atau Bandung, coba jelajahi kota sendiri dulu. Dengan begitu akan ada pemangkasan anggaran untuk transportasi dan penginapan, bukan? Bisa tetap senang-senang dengan budget minim deh!

Rencanakan Jauh-jauh Hari

pixabay.com

Alangkah lebih baik untuk merencanakan liburan dari jauh hari, karena tentu kita bisa mencari aneka transportasi dengan harga murah dan bisa menjalani liburan hemat. Coba deh Bunda bandingkan tiket perjalanan yang dibeli jauh-jauh hari pasti lebih murah dibanding yang dicari di menit-menit terakhir. Nggak transportasi, harga penginapan juga akan jauh lebih murah jika dipesan jauh sebelum waktu berlibur.

Buat Rencana Perjalanan

pixabay.com

Memang sih liburan dengan penuh spontanitas akan terasa lebih mengejutkan. Tapi kalau Bunda ingin liburan hemat, alangkah lebih baik jika menyiapkan rencana perjalanan atau itinerary. Saat membuat rencana perjalanan, coba kelompokkan beberapa destinasi wisata yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki ataupun yang letaknya satu arah. Dengan begitu Bunda bisa mengunjunginya di hari yang sama. Dan rencana perjalanan yang telah dibuat harus ditaati ya Bunda, agar rencana anggaran juga nggak kelebihan.

Bawa Bekal Sendiri

pixabay.com

Kalau untuk anggaran transportasi maupun penginapan sudah beres, saatnya mempertimbangkan budget untuk mengisi perut ya Bunda. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mencari penginapan yang menawarkan sarapan gratis. Selain itu, jika penginapan Bunda memiliki dapur serta kulkas pribadi, bawa saja bahan makanan untuk kemudian dimasak. Bila membawa bekal tidak memungkinkan, cobalah untuk tidak mampir makan di tempat yang ramai turis karena dikhawatirkan harganya tinggi. Tapi tetap utamakan makanan sehat ya untuk si kecil.

Nah gimana Bunda? Sebenarnya bisa-bisa saja kok kalau Bunda dan keluarga ingin merencanakan liburan hemat. Yang penting persiapkan dengan matang, jangan terlalu mendadak, tidak usah memaksakan untuk memilih destinasi yang jauh, dan pangkas anggaran yang bisa diminimalisir. Selain itu kalau Bunda cari camilan yang pas sebagai bekal perjalanan, bawa saja Lapis Malang. Varian rasanya yang beragam dijamin akan jadi favorit keluarga dan si kecil deh. Lapis Malang ini bisa Bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply