Selain bermanfaat sebagai media belajar yang memudahkan, memperkenalkan gadget kepada anak juga penuh resiko ya bunda. Bagaimana tidak, penggunaan gadget dalam waktu yang lama, dapat membuatnya terlalu asyik, sehingga ia bisa melupakan kewajibannya. Misalnya mengerjakan PR, belajar, les, bahkan bermain di luar ruangan. Jika bunda mendapati tanda-tanda seperti ini, segera atasi kecanduannya terhadap gadget dengan cara berikut yuk bunda :

Tidak Membelikannya Gadget

niniban.com

Ketika si kecil mulai masuk usia sekolah, biasanya dia mulai merengek untuk meminta dibelikan gadget seperti teman-temannya ya bunda. Nah kalau sudah seperti ini, jangan sampai menuruti permintaannya ya bun. Karena jika dibelikan gadget, maka ia akan kesulitan untuk fokus saat belajar di kelas. Sebagai alternatifnya, yuk lebih sering bikin quality time bersama si kecil, seperti menemaninya saat belajar, mengobrol santai, atau ikut bermain bersamanya.

Mengurangi Penggunaan Gadget Saat Mengerjakan PR

cantik.tempo.co

Dunia maya memang memiliki informasi yang tak terbatas, dan hal ini bisa dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah si kecil dengan mudah dan cepat. Walau cukup praktis, cobalah untuk mengurangi kebiasaan menggunakan gadget saat belajar. Alternatifnya bunda bisa menggunakan buku untuk membantu si kecil mengerjakan tugas sekolah, walaupun membutuhkan waktu yg tidak sebentar, metode ini bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya konsentrasinya.

Ajak Dia Membuat Jadwal Penggunaan Gadget

alibaba.com

Tahukah bunda apabila si kecil sudah kecanduan bermain gadget, hal tersebut bisa menyebabkan dia terkena obesitas karena kurang gerak. Oleh karena itu waktu terbaik menggunakan gadget untuk si kecil adalah 1 sampai 2 jam per harinya. Bunda bisa melibatkan si kecil untuk membuat jadwal menggunakan gadget. Jadwal ini juga berlaku untuk semua anggota keluarga ya bun. Dengan cara ini bisa dipastikan si kecil akan terhindar dari kecanduan gadget.

Ajak Keluarga Melakukan Kegiatan Bersama

rizqy-agung.com

Agar si kecil terhindar dari penggunaan gadget yang berlebihan, yuk ajak keluarga melakukan kegiatan bersama-sama. Misalnya seperti olahraga bersama, bermain monopoli, bermain puzzle, berkebun bersama, jalan-jalan dan lain sebagainya. Lakukan cara ini secara berkala ya bunda, selain bermanfaat untuk menghindarkan si kecil dari kecanduan gadget, cara ini juga bermanfaat untuk menambah kekompakan keluarga bunda.

Nah demikian cara-cara ampuh untuk menghindarkan si kecil dari kecanduan gadget bun, cara-cara ini memang sederhana namun membutuhkan ketelatenan dan konsisten dari bunda. Namun, jika bunda berhasil menggunakan cara ini secara rutin, bolehlah bunda bersantai bersama keluarga sambil ngemil Lapis Malang. Kue lapis kekinian yang harganya terjangkau ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

Leave a reply