Anak yang rewel tentu sudah menjadi hal biasa dalam sebuah keluarga ya. Untuk menghadapinya tentu saja bukan hanya tugas seorang ibu saja, melainkan seluruh anggota keluarga tanpa kecuali.nah sebagai orang tua, khususnya yang baru mungkin terkadang masih sering terbawa emosi ya saat si kecil sudah mulai merengek. Nah mulai sekarang coba deh pendam emosi tersebut dan ketahui lebih lanjut bagaimana cara mengatasi sang buah hati yang mulai rewel.

Cari tahu penyebabnya

Bila si kecil sudah mulai rewel, sebelum melakukan penanganan pertama, semua anggota keluarga harus terlebih dahulu mencari tahu apa penyebabnya. Anak yang rewel biasanya disebabkan oleh ketidaknyamanan, nah tugas Bunda dan anggota keluarga yang lain adalah mencari tahu apa yang membuatnya tak nyaman. Apakah itu badannya merasa sakit, kurangnya perhatian yang dia peroleh, ataukah penyebab lainnya.

Bersikap tenang

Memang sih anak yang rewel adalah tanggung jawab seluruh anggota keluarga, tapi bukan berarti malah membuat semua orang panik ya. Bila mendapati si kecil mulai merengek, cobalah untuk tenang. Setelah itu tunjukkan bahwa Bunda menyayanginya dengan memberikan sentuhan lembut serta tatapan mata penuh cinta. Rasa sabar dan penuh kasih sayang itu akan membuat si kecil juga bersikap lebih tenang.

Berikan perhatian ekstra

Kalau misalnya Bunda termasuk orang tua yang memiliki kesibukan di luar mengurus keluarga, mungkin saja si kecil rewel karena kurangnya perhatian. Oleh karena itu selalu luangkan waktu untuk berada di samping si kecil. Bunda bisa memulainya dengan mengajak anak belanja bersama di akhir pekan, atau bisa juga mengajak si kecil berjalan-jalan sekitar rumah setiap pagi. Dengan begitu, pekerjaan Bunda masih bisa berjalan seimbang dengan kebutuhan keluarga ya.

Berikan anak teman

Merasa sendiri juga bisa menjadi penyebab anak mulai merenget. Tak peduli usia berapapun dia, yang namanya anak kecil pasti akan mudah merasa kesepian. Oleh karena itu coba untuk berikan si kecil teman bermain. Bunda bisa memberikannya boneka sebagai alternatif. Selain menjadi teman main, boneka juga bisa dimanfaatkan sebagai teman tidur. Pilihlah boneka yang lembut ya.

Jangan manjakan anak

Cute baby lie prone and cry

Banyak orang tua yang cenderung membedakan cara penanganan pada saat anak rewel dan bersikap normal. Kebanyakan anggota keluarga akan memanjakan anak yang rewel agar dia menjadi lebih tenang. Padahal hal tersebut malah anak memunculkan kebiasaan rewel hanya untuk dimanjakan. Oleh karena itu, coba untuk perlakukan anak dengan sikap yang sama meski saat rewel atau tidak agar si kecil biasa jadi dirinya sendiri.

Nah Bunda, sebenarnya gampang-gampang susah ya untuk mengatasi anak yang rewel. Yang penting sebagai orang tua, kita tidak malah tersulut emosi. Karena kunci dari semua solusi permasalahan adalah rasa tenang dan sabar. Bila anak Bunda termasuk yang sering rewel, coba cek apa penyebabnya dulu ya. Siapa tahu si kecil memang hanya membutuhkan perhatian dan waktu lebih dari orang tuanya. Jadi sediakan jadwal rutin untuk berkumpul bersama keluarga ya, tentunya ditemani camilan enak ‘Lapis Malang’ yang bisa didapatkan di outlet Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

 

Leave a reply