Anak mengompol mungkin sudah menjadi tantangan sehari-hari yang harus dihadapi para orang tua ya. Terutama bila si kecil masih belum terbiasa pergi ke toilet, jadi jangan heran bila saat bangun pagi Bunda mendapati tempat tidurnya sudah basah ya. Tapi tenang saja karena mengompol tentu merupakan kebiasaan yang bisa dihentikan kok, asal dengan cara tepat. Dan berikut ini Lapis Malang akan berbagi informasi terkait cara menghentikan kebiasaan ngompol sang buah hati yang bisa langsung Bunda coba malam nanti.

Perhatikan minuman anak

Bunda pasti sudah mengerti pernah mendengar bahwa katanya semakin banyak si kecil minum air sebelum tidur, maka kemungkinan ngompol jadi semakin besar. Tapi ternyata minuman yang cenderung meningkatkan intensitas buang air kecil itu adalah yang manis-manis seperti misalnya teh atau lainnya. Perlu diketahui bahwa ternyata teh maupun gula memiliki sifat diuretic atau menyerap cairan. Dan itulah yang kemudian membuat si kecil menjadi sering buang air kecil.

Perhatikan waktu pemberian buah-buahan berair

Selain aneka minuman manis, buah-buahan yang banyak mengandung air juga bisa meningkatkan intensitas buang air kecilnya. Bila Bunda ingin memberikan buah seperti semangka, apel. Atau buah berair lainnya coba berikan kira-kira 2-3 jam sebelum waktu tidur. Karena bila pemberiannya aneka buah-buahan berkadar air tinggi berdekatan dengan waktu tidur sang buah hati maka hal tersebut bisa membuatnya sering buang air kecil.

Disiplinkan waktu buang air kecil

Cara lain yang bisa Bunda coba adalah dengan membiasakan sang buah hati untuk buang air kecil atau ke toilet sebelum tidur. Selain itu, ajarkan juga padanya untuk mengatakan pada ayah atau ibunya setiap ingin buang air kecil. Dengan begitu kemungkinan dia akan mengompol juga makin kecil, bukan? Dan bila si kecil berhasil untuk tidak mengompol, berilah dia pujian sederhana. Meski terkesan remeh, tapi pujian itu akan membuatnya bangga dan kemudian berusaha untuk tidak mengompol.

Bangunkan jika mulai gelisah

Kalau si kecil punya kebiasaan minum susu sebelum tidur, tentu rasa ingin buang air kecil bisa datang ketika dia tidur. Mayoritas anak akan merasa gelisah jika kandung kemihnya sudah mulai penuh lho Bund. Oleh karena itu bila Bunda perhatikan tidur sang buah hati mulai gelisah, jangan ragu untuk membangunkannya dengan lembut ya. Namun bila dia sulit membuka mata, gendong dia menuju kamar mandi agar bisa buang air kecil di sana.

Tunjukkan contoh yang baik

Tips yang satu ini sepertinya bisa Bunda praktekkan saat ada acara menginap bersama keluarga besar. Bunda bisa memperlihatkan anak lainnya yang lebih besar dan tentunya yang tak lagi mengompol. Bunda bisa coba menunjukkan bahwa sepupunya selalu pergi ke toilet saat ingin buang air kecil dan sudah jarang mengompol. Tapi ingat, cara ini bukan bermaksud membandingnya si kecil dengan saudaranya ya. Melainkan hanya untuk memberikan contoh saja.

Nah itu tadi Bunda lima cara yang bisa coba praktekkan di rumah agar sang buah hati tak lagi mengompol. Memang sih cara-cara di atas terkesan sederhana dan mudah, tapi ingat yang Bunda perlukan di sini hanyalah kesabaran ya.

Leave a reply