Memasuki usia balita biasanya si kecil sangat gemar bereksplorasi ya bunda dan tentunya rasa ingin tahunya sangat tinggi. Nah, saat dia sedang bereksplorasi, dia akan bersentuhan dengan banyak hal. Misalnya rumput, tanah, atau lumpur yang bisa menjadi sarang bakteri dan kuman. Nah, untuk itu bunda perlu mengajarkan si kecil untuk menjaga kebersihan sedini mungkin agar kesehatannya juga tetap perjaga. Berikut ini ada beberapa tips dan trik membiasakan si kecil untuk menjaga kebersihan sejak dini. Yuk langsung dicek bun untuk tips dan triknya.

Mencuci Tangan

mencuci tangan
thrive.psu.edu

Untuk mengajari si kecil menjaga kebersihan, langkah pertama yang bisa bunda lakukan adalah dengan membiasakannya mencuci tangan. Si kecil bisa diajarkan untuk mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan, setelah bermain di luar, setelah selesai dari kamar mandi, setelah menyentuh hewan dan lain sebagainya. Ajarkan si kecil untuk mencuci tangan dengan benar, yaitu dimulai dengan membasahi seluruh bagian telapak tangan, menggosoknya dengan sabun kemudian membilasnya dengan air mengalir, sampai dengan mengeringkan tangan yang basah.

Mandi

pixabay.com

Dengan mandi secara teratur, si kecil akan senantiasa terjaga kebersihan dan juga kesehatannya. Biasakan si kecil mandi dengan teratur, dua kali sehari ya bunda. Mandi pagi akan membuat tubuhnya menjadi segar dan membuatnya bersemangat saat beraktivitas. Sedangkan mandi sore setelah beraktivitas bisa membuatnya rileks dan bermanfaat untuk membantunya tidur dengan nyenyak di malam hari. Oh ya jangan lupa untuk mengajarkannya membersihkan seluruh tubuhnya ya bunda. termasuk membersihkan bagian-bagian yang tertutup, misalnya belakang leher, ketiak, belakang telinga, sampai belakang lutut.

Menggosok Gigi Dua Kali Sehari

nishanhalimdmd.com

Untuk menjaga kebersihan, bunda perlu mengajarkan si kecil untuk menggosok gigi dua kali sehari. Yaitu saat pagi hari dan juga malam hari. Hal tersebut harus dilakukan karena gigi dan gusi rentan terkena kuman karena sisa makanan setiap harinya. Semakin dini bunda mengajarkannya untuk terbiasa menggosok gigi dua kali sehari, semakin besar peluang kebiasaan ini menjadi rutinitasmya sampai ia dewasa. Dengan cara ini, resiko gigi berlubang, gusi berdarah, dan lainnya akan terhindari.

Menutup Hidung Dan Mulut Ketika Bersin

sheknows.com

Agar terbiasa menjaga kebersihan, bunda bisa mengajarkan si kecil juga dengan menutup hidung dan mulut saat ia sedang bersin. Ajarkan si kecil untuk mengarahkan bersin ke lengan atau sikunya ya bunda. Cara ini harus dilakukan agar kuman tidak bisa tersebar dengan cepat. Beda halnya dengan menutup bersin dengan telapak tangan, kuman akan menyebar dengan mudah.

Membersihkan Ingus Dengan Tisu

flu
childrens.com

Saat sedang flu, ingus yang ada di dalam hidung si kecil harus sering dibersihkan ya bunda. Ingus bisa menjadi penyebab hidung tersumbat dan membuat tidurnya tidak nyaman. Oleh sebab itu, sangat diperlukan jika bunda mengajari si kecil untuk membersihkan ingus. Pertama-tama, bunda bisa memberikan contoh menghembuskan udara secara perlahan dari kedua lubang hidungnya. Setelah itu berikan ia tisu dan mintalah unruk menghembuskan udara dari hidung dengan agak keras. Dengan menggunakan cara ini, ingusnya akan keluar sedikit demi sedikit dan bisa membuat saluran pernafasannya terasa lebih lega.

Demikian bunda cara-cara mudah dan sederhana membiasakan si kecil untuk menjaga kesehatan. Setelah si kecil pandai menjaga kebersihan, jangan lupa luangkan waktu untuknya untuk berquality time bersama sambil menikmati Lapis Malang. Lapis Malang yang lezat dan hemat ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply